Keuangan Aman Jika Lakukan Hal Ini Saat Gajian

Dolar AS dan rupiah.
Sumber :
  • VIVA.co.id/Muhamad Solihin

VIVA.co.id – Apa yang dilakukan saat tengah menerima gaji di setiap awal bulan? Tentunya, selain perasaan tenang karena bisa melanjutkan hidup untuk bulan berikutnya, Anda juga sudah siap dengan beberapa daftar yang mungkin akan dibeli. Di saat seperti itu seharusnya mulai berpikir untuk menghemat uang gaji tersebut, agar semua kebutuhan bisa terpenuhi.

Tips Jitu Agar Tak Keteteran Bila Punya Pekerjaan Sampingan

Sebagian orang merasa senang saat menerima gaji setiap bulannya, tanpa ada beban utang dan malah mereka semakin rajin menabung. Namun, sebagiannya lagi merasa gaji yang diterimanya ini hanya akan lewat saja di dompetnya, setelah beberapa pekan akan menghilang, karena tidak seimbangnya antara kebutuhan dengan pendapatan.

Supaya tidak menjadi bingung, berikut ini enam hal yang bisa dilakukan saat menerima gaji:

Delapan Pekerjaan yang Bakal Digantikan Robot di Masa Depan

1. Membayar semua tagihan

Tagihan yang harus dilunasi menjadi tanggung jawab Anda di setiap bulannya. Jika tidak, ini akan mengganggu keadaan keuangan di hampir tiap bulan. Jika memiliki utang tertentu, seperti kartu kredit atau cicilan kendaraan dan cicilan produk elektronik, tagihan ini akan ada di setiap bulannya dan jika telat membayar lunas, akan dikenakan bunga tertentu. Sebaiknya, saat menerima gaji, lakukan pelunasan tagihan-tagihan tersebut terlebih dulu.

Tak Banyak yang Tahu, Ini Saat Tepat untuk Punya Asuransi Jiwa

2.   Menghitung kebutuhan dan menghitung sisanya

Setelah melunasi semua tagihan bulanan, maka coba untuk menghitung berapa kebutuhan untuk bulan ini. Kebutuhan bulanan yang wajib dipenuhi seperti kebutuhan untuk makan, membayar internet, mengisi pulsa paket smartphone, dan lainnya.

Hitung berapa total untuk semuanya. Setelah tahu berapa jumlahnya, jika ada uang sisa gaji, simpanlah uang sisa tersebut dalam pos khusus. Anda juga bisa membuat beberapa akun bank untuk pos khusus tersebut.

3.  Menabung harus

Saat kebutuhan sudah terpenuhi, kewajiban juga sudah dilunasi untuk bulan ini, maka selanjutnya adalah menabung. Uang sisa tadi bisa dijadikan sebagai tabungan, untuk cadangan keuangan yang lebih baik di masa depan. Pastikan Anda menabung secara rutin dan jangan merasa terpaksa untuk melakukan itu, setidaknya demi masa depan.

4.  Menginvestasikan uang

Selain menabung yang secara jelas dapat memberikan jaminan keuangan yang lebih baik serta keuntungan, juga bisa mencoba untuk berinvestasi. Ada banyak pilihan Investasi yang terpercaya dan menguntungkan pastinya. Anda bisa mencoba investasi yang aman dengan mendepositokannya di bank atau mengikuti investasi lain seperti emas atau saham.

5. Berbelanja seperlunya

Saat menerima gaji, pastinya Anda ingin sekali berbelanja dengan cukup maksimal. Namun, jika hal ini dibiasakan, ditakutkan akan menjadi terbiasa dan menjalani hidup yang boros.

Sebaiknya berbelanja hal-hal yang memang diperlukan saja. Berbelanja produk yang penting seperti peralatan mandi, peralatan di dapur, alat kebersihan, dan beberapa produk kesehatan untuk kecantikan.

6. Nikmati kuliner dan jalan-jalan

Poin keenam ini dapat dilakukan, jika memang ada uang sisa dari gaji setelah mendahulukan kebutuhan wajib terlebih dulu. Gunakan uang tersebut untuk menikmati kuliner favorit serta berjalan-jalan yang bersifat hiburan, seperti pergi nonton ke bioskop atau melihat bazar diskon.

Rencanakan pengeluaran, dan nikmati hasilnya

Dengan menjalankan enam tips di atas, Anda bisa merencanakan keuangan dengan maksimal sekaligus menikmati hasilnya. Di samping semua kebutuhan terpenuhi, Anda juga bisa lebih tenang dan nyaman tanpa harus dibebani hal-hal yang menyangkut keuangan yang bisa mengurangi kebahagiaan.

Halaman Selanjutnya
Halaman Selanjutnya