Lima Pos Penghematan agar Resolusi 2017 Tercapai

Ilustrasi hidup hemat
Sumber :
  • HaloMoney

VIVA.co.id – Kalender tahun 2017 baru saja dipajang di dinding. Tahun baru bagi kebanyakan orang menjadi momentum untuk menyusun lagi target-target baru untuk hidup yang lebih baik. Istilah umumnya adalah resolusi tahun baru. Apa saja resolusi Anda tahun ini?

Ingin Daftar Asuransi Syariah, Pahami Dulu 5 Hal ini

Ingin hidup lebih hemat atau menyehatkan kualitas kantong telah menjadi resolusi favorit kebanyakan orang. Mungkin termasuk Anda. Apalagi, di awal tahun ini, sejumlah harga dan tarif naik tanpa mempedulikan apakah penghasilan Anda mencukupi atau tidak.

Bila Anda adalah pelanggan listrik 900 VA, awal tahun ini Anda harus menerima kebijakan pemerintah yang menaikkan tarif listrik dalam tiga tahap. Masing-masing tahap mencatat kenaikan tarif yang signifikan, dari Rp605 per kilowatt per jam (kWh) menjadi Rp1.352 per kWh mulai awal Januari hingga Mei 2017.

Bocoran Itung-itungan KPR yang Belum Banyak Orang Tahu

Di sisi lain, kondisi perekonomian global tahun 2017 masih diliputi oleh banyak risiko. Seperti risiko  kenaikan harga minyak dunia sehingga harga bensin di dalam negeri akan ikut naik.

Lalu risiko semakin kuatnya dolar Amerika Serikat sehingga rupiah semakin lemah dan inflasi akan naik, dan lain sebagainya. Harga bahan bakar minyak dan tarif listrik juga bisa terpengaruh oleh dua hal itu.

5 Persiapan Pasangan Muda Kalau Ingin Punya Rumah Sendiri

Lantas, apa yang bisa kita lakukan agar resolusi ingin lebih hemat  tahun 2017 bisa terlaksana? Berikut beberapa strategi dari Halomoney.co.id yang bisa Anda lakukan dengan mudah:

1. Biaya listrik

Anggaran tagihan listrik keluarga bisa cukup menguras kantong, lebih-lebih bila daya listrik di rumah Anda besar. Lakukan trik yang mudah supaya tagihan listrik Anda bisa dihemat.

Cara yang bisa Anda tempuh antara lain, mengatur jadwal memakai mesin cuci dan setrika menjadi maksimal tiga kali sepekan. Dua alat elektronik itu menguras daya listrik paling besar.

Biasakan memasang timer di mesin pendingin udara agar AC tidak menyala sepanjang waktu. Tidak perlu menyalakan dispenser untuk memenuhi kebutuhan air panas dan air dingin.

Anda bisa memakai kulkas untuk air dingin atau menjerang air. Jika dihitung, berhemat dari empat alat elektronik tersebut bisa menghemat daya listrik Anda hingga 1.200 watt loh. Soalnya, tiap alat elektronik utama itu menyedot daya rata-rata di atas 300 watt. Lumayan, kan.

2. Biaya makan

Anggaran makanan bisa menyedot penghasilan cukup banyak. Bila selama ini Anda terbiasa makan di luar, cobalah menghitung berapa besar pengeluaran untuk itu.

Pasti besar, bukan? Supaya resolusi berhemat tahun ini tercapai, mulailah memasak sendiri makanan Anda. Selain lebih sehat, memasak makanan sendiri bisa menghemat uang Anda sampai berlipat-lipat.

Malas memasak? Anda bisa mencari katering yang murah tapi sehat. Di Jabodetabek saat ini masih banyak tersedia katering seharga Rp20.000 per porsi. Katering berisi lauk pauk saja juga banyak. Untuk nasi, Anda bisa memasak sendiri.

Kurangi jajan di luar kebutuhan makan pokok. Banyak orang tidak sadar, pengeluaran untuk jajan malah lebih banyak dibandingkan makanan pokok.

3. Biaya transportasi

Ada kemungkinan harga BBM naik tahun ini. Lebih-lebih bila harga minyak dunia kembali naik, ditambah nilai tukar rupiah terhadap dolar AS makin lemah. Bisa-bisa anggaran transportasi membengkak ketika konsumsi BBM semakin mahal.

Nah, supaya target berhemat Anda tercapai tahun ini, mulailah beralih memakai transportasi publik seperti busway, commuter line, bus atau mikrolet. Keberadaan aplikasi transportasi online juga dapat Anda manfaatkan untuk berhemat. Promosi diskon untuk order memakai dana deposit, lumayan membantu Anda berhemat.

4. Biaya komunikasi

Kebutuhan menelpon atau berkirim pesan dapat Anda alihkan sepenuhnya memakai data internet. Pilih provider telekomunikasi dengan tarif paling kompetitif supaya bisa berinternet ria tanpa memberatkan kantong.

Manfaatkan jaringan wifi di kantor atau di tempat publik agar paket data internet Anda bisa lebih hemat terpakai. Bila Anda lebih sering beraktivitas di rumah, memasang wifi di rumah bisa jadi lebih hemat dibandingkan Anda hanya mengandalkan paket data dari provider telekomunikasi.

5. Gunakan kartu kredit untuk membantu transaksi

Kartu kredit sejatinya adalah alat transaksi yang bisa mempermudah hidup. Namun, beberapa orang terpeleset menilai kartu kredit sebagai kesempatan untuk berbelanja melampaui kemampuan. Gunakan kartu kredit dengan bijak yaitu untuk mempermudah transaksi pembayaran Anda.

Satu prinsip lagi adalah, selalu lunasi tagihan kartu kredit penuh sebelum jatuh tempo. Itu akan menyelamatkan kantong Anda dari tagihan yang berat di kemudian hari.

Halaman Selanjutnya
Halaman Selanjutnya