Jalur Kereta Bogor-Bandung Bakal Dibuka Kembali

Ilustrasi Kereta Bogor
Sumber :
  • VIVAnews/ Muhamad Solihin

VIVA.co.id – PT Kereta Api Indonesia berencana menghidupkan kembali jalur perjalanan Bogor menuju Bandung. Hal ini, karena rute dari Bogor selama ini hanya berhenti di Cianjur. 

Lewat Aplikasi Ini, KAI Kini Antar Jemput Penumpang Sampai Rumah

Direktur Utama PT Kereta Api Indonesia Edi Sukmoro mengatakan, selama ini belum tersedia rute dari Bogor menuju Bandung, terputus hanya sampai Cianjur. Penumpang yang ingin menuju ke Bandung, harus menempuh perjalanan ke Jakarta terlebih dahulu. 

"Penumpang dari Bogor, ngapain lagi ke Jakarta untuk ke Bandung. Mereka lewat sana kan (Jakarta). Lewat Cianjur lebih cepat, dengan diaktifkannya rute Bogor-Bandung, jadi terbuka semua," ujar Edi di pelabuhan Tanjung Priok Jakarta, Jumat 13 Januari 2017.

Puncak Arus Balik Libur Panjang Penumpang Kereta Api Diprediksi Besok

Ia mengatakan, saat ini, proyek aktivasi rute tersebut sedang diperhitungkan, mulai dari nilai investasi dan konstruksi treknya. "Treknya sudah harus diganti. Ada kemiringan yang cukup tinggi, jadi sedang dicari solusinya. Cianjur yang agak tanjakan panjang itu di Padalarang, termasuk baliknya," tuturnya. 

Reaktivasi rute kereta api Bogor-Bandung ini, akan fokus diperuntukkan untuk angkutan penumpang. Namun, tidak menutup kemungkinan akan dikembangkan untuk rute angkutan barang. "Karena sentra industri dan kerajinan, kan banyak sekali di daerah sana. Termasuk di Ciwidey," kata Edi. 

Libur Panjang, KAI Tambah Perjalanan Kereta Jarak Jauh

Terkait kepastian kapan dihidupkannya kembali jalur tersebut, pihaknya masih menunggu izin dari Direktorat Jenderal (Ditjen) Perkeretaapian Kementerian Perhubungan. Dia berharap, pengoperasian kembali rute ini masuk dalam agenda Kemenhub di tahun ini.

"Rekativasi ini bisa saja dari Ditjen, atau dari kita. Tetapi, saya harap, Ditjennya hitung. Kalau operasionalnya ada di kita, kalau reaktivasinya Ditjen. Cuma, masalahnya apakah ini masuk dalam rencana 2017, atau tidak (belum tahu pasti)," katanya. (asp)

Penandatanganan Perjanjian Kerjasama National Pooling

BRI Jalin Sinergi dengan KAI dan dalam Fasilitas Notional Pooling

BRI terus memperluas dan mengembangkan layanan perbankan melalui sinergi dengan BUMN menggandeng KAI beserta anak usahanya kerja sama fasilitas National Pooling.

img_title
VIVA.co.id
28 Januari 2022