Ada Demo, Keberangkatan KA Jarak Jauh Dialihkan ke Stasiun Jatinegara

PT Kereta Api Indonesia
Sumber :
  • VIVA.co.id/M. Ali. Wafa

VIVA – PT Kereta Api Indonesia atau PT KAI Daop 1 Jakarta, melakukan pengaturan pola operasi khusus untuk keberangkatan kereta api atau KA jarak jauh dari Stasiun Gambir pada Jumat 16 Oktober 2020. Adapun pengaturan pola operasi tersebut dilakukan untuk delapan perjalanan KA keberangkatan Stasiun Gambir akan berhenti secara khusus di Stasiun Jatinegara untuk melayani pengguna jasa.

Kecelakaan KA Rajabasa Tabrak Bus dan Timbulkan Korban Jiwa, KAI Soroti Disiplin Lalu Lintas

Kepala Humas PT KAI Daop 1 Jakarta, Eva Chairunisa, menjelaskan, hal itu guna mengantisipasi keterlambatan para pengguna jasa kereta menuju Stasiun Gambir dikarenakan adanya aksi demonstrasi mahasiswa.

"Karena adanya pengalihan arus lalu lintas di sejumlah ruas jalan raya menuju ke area Stasiun Gambir," kata Eva dalam keterangan tertulisnya, Jumat 16 Oktober 2020.

Bus Putra Sulung Tertabrak Kereta Api di OKU Timur, Penumpang Berhamburan

Hari ini mahasiswa akan melakukan aksi demonstrasi menolak Omnibus Law Undang Undang Cipta Kerja (UU Ciptaker) di depan Istana Kepresidenan, Jakarta Pusat. Direktorat Lalu Lintas Polda Metro Jaya pun menyiapkan pengalihan arus lalu lintas di sekitar Istana dalam rangka mengantisipasi aksi demo.

Baca juga: Sri Mulyani Umumkan ke Dunia, RI Sudah Punya Omnibus Law

KAI Diskon Tiket 20 Persen di Promo Bursa Pariwisata, Catat Rute-rutenya

"Dengan pengaturan pola operasi khusus tersebut, diharapkan masyarakat terhindar dari risiko kemacetan yang mungkin terjadi akibat pengalihan arus lalu lintas menuju Stasiun Gambir dan memiliki pilihan untuk dapat berangkat dari Stasiun Jatinegara," ujarnya.

Berikut adalah daftar dari delapan KA keberangkatan Stasiun Gambir, yang berhenti di Stasiun Jatinegara:

- KA 7030A Argo Parahyangan keberangkatan dari Stasiun Gambir pukul 07.50 WIB

- KA 10 Argo Dwipangga keberangkatan dari Stasiun Gambir pukul 08.00 WIB 

- KA 4 Argo Bromo Anggrek keberangkatan dari Stasiun Gambir pukul 08.15 WIB

- KA 44 Argo Parahyangan Excellent keberangkatan dari Stasiun Gambir pukul 15.40 WIB

- KA 72 Bima keberangkatan dari Stasiun Gambir pukul 16.40 WIB

- KA 76 Gajayana keberangkatan dari Stasiun Gambir pukul 18.00 WIB

- KA 6 Argo Bromo Anggrek keberangkatan dari Stasiun Gambir pukul 20.30 WIB

- KA 8 Argo Lawu keberangkatan dari Stasiun Gambir pukul 21.00 WIB

Adapun seluruh waktu keberangkatan KA dari Stasiun Gambir tidak mengalami perubahan.

Saat normal, KA yang berangkat dari Stasiun Gambir tidak berhenti di Stasiun Jatinegara, namun khusus Jumat 16 Oktober 2020 akan berhenti di Stasiun Jatinegara untuk proses naik turun penumpang.

Hal ini dilakukan untuk memudahkan calon penumpang KA, agar tidak terdampak kemacetan lalu lintas saat akan menuju Stasiun Gambir dan mengalami keterlambatan.

Sebagai tambahan, PT KAI mengimbau agar calon penumpang dapat mengantisipasi dengan memperkirakan waktu keberangkatan KA-nya, sehingga tidak tertinggal.

Selain itu, para calon penumpang KA dapat mengetahui informasi perjalanan KA melalui contact center 121 line (021)121, Layanan pelanggan cs@kai.id dan Sosial Media @keretaapikita @kai121_

Halaman Selanjutnya
Halaman Selanjutnya