188.481 Orang Naik LRT Selama Libur Lebaran di Sumsel, Naik Drastis

Penumpang LRT Sumsel meningkat drastis pada masa libur lebaran.
Sumber :
  • VIVA.co.id/Sadam Maulana (Palembang)

Palembang – Jumlah penumpang Light Rail Transit (LRT) Palembang, Sumatera Selatan, meningkat drastis selama masa libur Lebaran Hari Raya Idul Fitri atau periode 31 Maret-13 April 2024. Tercatat, ada 188.481 pengguna layanan LRT Sumatera Selatan pada masa tersebut.

Xtrim Medan Gelar Event MAX-5, akan Dihadiri Ratusan Pencinta Trail di Indonesia

Manager Humas PT. KAI Divisi Regional III Palembang, Aida Suryanti menerangkan jumlah pengguna LRT Sumatera Selatan pada H+1 dan H+2 atau 12-13 April menyentuh angka 25.358 dan 27.774 pengguna.

"Rata-rata pengguna LRT per hari berjumlah 13.463," terang Aida pada Senin, 15 April 2024.

Buka Pendaftaran Bakal Calon Kepala Daerah, Nasdem Sumut: Tanpa Mahar

Penumpang LRT Sumsel meningkat drastis pada masa libur lebaran.

Photo :
  • VIVA.co.id/Sadam Maulana (Palembang)

Adapun peningkatan pengguna LRT Sumatera Selatan tersebut, bisa terjadi mengingat stasiun-stasiun yang berada di kawasan publik pusat perbelanjaan, ikon wisata Kota Palembang dan fasilitas umum lainnya yang terpantau ramai, dengan didominasi pengguna musiman yang sedang libur lebaran bersama keluarga.

7 Rekomendasi Tempat Wisata di Semarang yang Wajib Dikunjungi di Waktu Liburan

Sejak 11 April sampai 14 April, kata dia, LRT Sumatera Selatan menambah 8 perjalanan dari 94 perjalanan setiap harinya menjadi 102 perjalanan pada masa libur lebaran ini.

"Peningkatan ini menunjukkan kalau LRT Sumsel tetap menjadi pilihan masyarakat untuk bepergian pada libur panjang Lebaran, terutama sejak hari kedua Lebaran," ungkap Aida.

Sementara, lanjut dia, untuk stasiun yang paling ramai selama masa libur lebaran tahun ini adalah Stasiun Ampera sebanyak 36.841 penumpang (rata-rata 2.632), dan Stasiun Asrama Haji sebanyak 35.644 penumpang (rata-rata harian 2.546).

Kemudian Stasiun DJKA, 30.439 penumpang (rata-rata 2.174), Stasiun Bumi Sriwijaya, 20.852 (rata-rata harian 1.489) dan Stasiun Bandara, 15.539 penumpang (rata-rata harian 1.110).

Selain itu, untuk memberikan pelayanan kepada masyarakat pengguna LRT Sumatera Selatan dan mengembangkan pelaku UMKM di Stasiun Bumi Sriwijaya, Cinde, Ampera dan DJKA tersedia tenant-tenant yang menyediakan kerajinan tangan atau produk makanan dan minuman, sehingga diharapkan dapat meningkatkan perekonomian keluarga.

"Kami mengimbau kepada pengguna LRT Sumsel untuk selalu berhati-hati menjaga barang bawaan, bagi yang membawa anak-anak untuk selalu mendampingi dan selalu dalam pengawasan. KAI sebagai operator dan Balai Pengelola Kereta Api Ringan Sumsel (BPKRSS) berharap LRT Sumsel dapat memenuhi harapan serta mengakomodir kebutuhan masyarakat akan moda transportasi modern yang aman, tepat waktu, dan dapat diandalkan," tutur Aida.

Halaman Selanjutnya
Halaman Selanjutnya