Survei KedaiKOPI: Mayoritas Masyarakat Puas Atas Kinerja Polri Amankan Mudik Lebaran

Ribuan Kendaraan Lintasi Tol Cipali saat Puncak Arus Mudik Lebaran 2024
Sumber :
  • VIVA/M Ali Wafa

Jakarta – Sebanyak lebih dari 80 persen responden menyatakan puas atas kinerja polisi lalu lintas dalam menjaga keamanan dan kelancaran dalam arus mudik dan balik Lebaran 2024. Data tersebut berdasarkan Survei KedaiKOPI mengenai Perilaku dan Kebiasaan Mudik Lebaran 2024 yang dilakukan pada 13 – 18 April 2024, dengan metode pengambilan data Computerized Assisted Self-Interview (CASI).

Tinjau Sejumlah Wilayah, Komjen Fadil Imran Pastikan Kesiapan Polri Amankan KTT WWF 2024 di Bali

“Sebanyak 84,1 persen responden menyatakan puas pada kinerja polisi dalam menjaga keamanan arus mudik, dan 82,5 persen puas pada upaya kepolisian untuk menjamin kelancaran arus mudik," kata Manager Research KedaiKOPI, Ashma dalam keterangan tertulisnya, pada Minggu, 28 April 2024.

Aiptu Supriyanto (kanan) saat mengembalikan tas pemudik.

Photo :
  • ANTARA Foto
Masuk Bursa Cagub Jawa Tengah, Hendi Mengaku Belum Ada Komunikasi dengan PDIP

Menurut Ashma, tingginya angka kepuasan tersebut menjadi simbol apresiasi masyarakat kepada kepolisian lalu lintas dalam menjaga kondusivitas mudik tahun ini.

“Hasil ini sebetulnya mengapresiasi polantas dalam menjaga kelancaran dan keamanan mudik meski masih ada satu-dua kejadian imbas dari kebijakan pengaturan jalan yang banyak disiarkan oleh media kemarin," ucap Ashma.

Polri Jamin Keamanan dan Kelancaran Lalu Lintas di Tempat Wisata saat Libur Panjang

Berdasarkan hasil survei, mayoritas masyarakat puas dengan kebijakan rekayasa lalu lintas yang dilakukan Polri saat arus mudik dan balik Lebaran 2024.

Diketahui bahwa Polri menerapkan kebijakan rekayasa lalu lintas seperti one way​ dan contraflow guna mengatur kelancaran dan kenyamanan saat mudik dan balik Lebaran 2024.

"Sebanyak 60,1 persen responden puas dengan penerapan kebijakan rekayasa lalu lintas yang dilakukan Polri," katanya.

Arus Mudik Lebaran 2024, One Way di Gerbang Tol Cikampek Utama

Photo :
  • VIVA/M Ali Wafa

Selain itu dalam survei kali ini, sebanyak 79,8 persen responden puas dengan ketersediaan rambu lalu lintas. Lalu 68,2 persen responden yang puas dengan adanya pelayanan posko kesehatan, serta 61,2 persen yang merasa layanan daruratnya sudah baik.

Sebagai informasi, survei Perilaku dan Kebiasaan Mudik Lebaran 2024 diikuti oleh 1126 responden. Populasi responden adalah pemudik dengan rentang usia 17-55 tahun.

Halaman Selanjutnya
Halaman Selanjutnya