Soal Isu Jokowi Telepon Hakim Jelang Putusan Sengketa Pilpres, MK Bilang Begini

Juru Bicara MK, Fajar Laksono.
Sumber :
  • VIVA.co.id/Rahmat Fatahillah Ilham

Jakarta - Beredar informasi liar bahwa Presiden RI Joko Widodo (Jokowi) menelepon hakim konstitusi jelang sidang pembacaan putusan Perselisihan Hasil Pemilihan Umum (PHPU) atau sengketa Pilpres 2024 digelar pada Senin, 22 April 2024. 

Momen Jokowi Ikut Salat Jenazah Syarifah Salma bin Yahya, Diimami Habib Lutfhi

Mengenai kabar tersebut, Juru bicara Mahkamah Konstitusi (MK), Fajar Laksono hanya merespons singkat. Dia mengaku tak tahu ada informasi tersebut dan siapa yang menyebarkannya.

"Saya enggak tahu. Silakan tanya kepada yang memberikan informasi itu," kata Fajar kepada wartawan di Gedung MK, Jakarta Pusat, Minggu, 21 April 2024. 

Donald Trump Janji Usir Demonstran Pro-Palestina Jika Terpilih Jadi Presiden AS di Pilpres 2024

Ketua MK Suhartoyo (tengah) dan Hakim Saldi Isra (kiri) di sidang lanjutan Perselisihan Hasil Pilpres 2024

Photo :
  • VIVA/M Ali Wafa

Putusan Sengketa Pilpres Dijamin Tak Bocor

Buruh di Yogyakarta Tolak Iuran Tapera, Banyak Potongan Gaji Hidup Makin Sulit

Fajar hanya memastikan, pihaknya telah melakukan serangkaian mekanisme pengamanan agar hasil rapat permusyawaratan hakim (RPH) mengenai putusan sengketa Pilpres 2024 tidak bocor sebelum dibacakan ke publik.

Salah satu mekanisme yang diterapkan yakni ruang RPH tidak bisa dimasuki sembarang orang selain yang berkepentingan.

"Sejauh ini kita sudah menerapkan mekanisme pengamanan dalam arti itu ya dalam arti supaya ketertutupan, kerahasiaan RPH itu betul-betul terjamin," kata Fajar kepada wartawan di Gedung MK, Jakarta Pusat, Minggu, 21 April 2024.

"Kita sudah siapkan mekanisme, selama itu diterapkan itu ruang yang restriktif tidak boleh sembarangan orang hadir ada di situ. Bahkan, naik ke lantai itu pun tidak diperkenankan," sambungnya.

Selain itu, Fajar menyebut tidak ada alat komunikasi yang digunakan selama RPH berlangsung. Sehingga meminimalisir bocornya informasi yang terjadi di ruang RPH tersebut.

"Tidak ada handphone, tidak ada alat komunikasi sejauh itu yang bisa kita lakukan untuk meminimalisir apapun yang terjadi di ruang RPH itu dikonsumsi oleh orang luar sebelum pengucapan," tutur dia.

Sidang Perselisihan Pilpres 2024 di MK.

Photo :
  • VIVA/M Ali Wafa

Dengan segala mekanisme tersebut, Fajar memastikan putusan sengketa Pilpres 2024 tidak akan bocor ke publik sebelum dibacakan di ruang sidang. 

"Saya memastikan bahwa mekanisme yang kita terapkan meminimalisir hal itu," pungkas dia.

Halaman Selanjutnya
Halaman Selanjutnya