Terpopuler: Prediksi Putusan MK atas Sengketa Pilpres, Iran Samakan Drone Israel dengan Mainan

Ilustrasi logo Mahkamah Konstitusi.
Sumber :
  • VIVA/M Ali Wafa

Jakarta - Mahkamah Konstitusi (MK) dijadwalkan membacakan putusan perkara Perselisihan Hasil Pemilihan Umum (PHPU) atau sengketa Pilpres 2024 di Jakarta, Senin, 22 April 2024.

Puji 3 Negara Barat Akui Palestina, Fadli Zon: Dunia Sudah Jijik dengan Kekejaman Israel

Sejumlah pihak mengajukan analisis tentang kemungkinan putusan MK atas gugatan dua kubu pasangan calon presiden dan calon wakil presiden tersebut. Sebagian memperkirakan MK akan membuat putusan yang mengejutkan, namun yang lain menyatakan tak akan ada hal yang aneh.

Salah satu analisis diajukan oleh dosen hukum tata negara pada Universitas Indonesia yang memprediksi MK tidak akan mendiskualifikasi pasangan calon presiden dan wakil presiden nomor urut 2 Prabowo Subianto-Gibran Rakabuming Raka.

Alamat Pengemudi Pajero Pelat Palsu yang Kabur Dikejar Polisi Terkuak, AKBP Agung Beri Pesan Menohok

Pekerja melipat surat suara pada Pemilu Presiden (Pilpres) 2024. (Foto ilustrasi).

Photo :
  • AP Photo/Tatan Syuflana

Dia menilai MK belum mau keluar dari zona pragmatis dengan tetap mempertahankan syarat calon presiden dan wakil presiden minimal berusia 40 tahun dengan alternatif pernah dipilih atau sedang menjabat di jabatan yang dipilih melalui pemilu, tetap berlaku pada 2024.

Devoy, Pria yang Ditemukan Tewas Dalam Toren Ternyata Buronan Kasus Narkotika

Analisis sang pakar itu menjadi salah satu artikel terpopuler di VIVA sepanjang hari kemarin. Dapat dimaklumi karena publik menanti-nantikan pengumuman putusan tersebut untuk mendapatkan kepastian pemenang Pilpres 2024.

Selain itu, ada empat artikel terpopuler lainnya, antara lain klarifikasi Cak Imin tentang unggahan fotonya dengan petinggi Partai Gerindra, Erick Thohir blak-blakan menawarkan aset-aset BUMN di Monas kepada pengusaha Hong Kong, kasus oknum polisi menganiaya dan menodong warga dengan pistol, dan olok-olok Iran terhadap drone Israel.

Simak ulasan selengkapnya dalam artikel-artikel berikut ini:

1. Prediksi putusan MK atas sengketa Pilpres

Pengamanan di Mahkamah Konstitusi

Photo :
  • VIVA/Ridho Permana

Dosen Hukum Tata Negara Universitas Indonesia Titi Anggraini memproyeksikan bahwa Mahkamah Konstitusi (MK) tidak akan mendiskualifikasi pasangan calon presiden dan wakil presiden nomor urut 2 Prabowo Subianto-Gibran Rakabuming Raka. Baca selengkapnya di sini.

2. Cak Imin unggah foto bareng petinggi Gerindra

Pasangan capres cawapres nomor urut 01, Anies Baswedan dan Muhaimin Iskandar.

Photo :
  • VIVA/M Ali Wafa

Ketua Umum Partai Kebangkitan Bangsa (PKB) Muhaimin Iskandar atau Cak Imin mengklaim tak ada makna tersembunyi dibalik unggahan fotonya bersama Ketua Harian Partai Gerindra, Sufmi Dasco Ahmad. Unggahan tersebut hanya sekadar aktivitas biasa di media sosial. Baca selengkapnya di sini.

3. Aset-aset BUMN di Monas ditawarkan ke pengusaha Hong Kong

Arsip Foto - Monas menjadi salah satu ikon Jakarta.

Photo :
  • ANTARA/Dewa Ketut Sudiarta Wiguna

Menteri Badan Usaha Milik Negara (BUMN) Erick Thohir menawarkan 13 aset BUMN yang ada di sekitar kawasan Monas kepada pengusaha Hong Kong. Penawaran ini dilakukan saat dia melakukan roadshow ke Hong Kong. Hal itu dilakukan agar aset-aset BUMN tidak terbengkalai usai ibu kota RI, pindah ke Ibu Kota Negara (IKN) Nusantara, di Kalimantan Timur. Baca selengkapnya di sini.

4. Oknum polisi keroyok dan todong pistol warga

Ilustrasi aksi penembakan.

Photo :
  • ANTARA/Andika Wahyu

Oknum polisi yang bertugas di Polres Kolaka diduga telah melakukan aksi pengroyokan terhadap warga hingga babak belur. Saat beraksi, para pelaku diduga sempat menodongkan pistol ke arah korban. Korban pengeroyokan bernama Melsin (27) dan Firman (28). Keduanya dikeroyok saat sedang nongkrong di depan sebuah bengkel yang ada di Kelurahan Lamokato, Kecamatan Kolaka, Kabupaten Kolaka, Jumat malam, 19 April 2024. Baca selengkapnya di sini.

5. Menlu Iran olok-olok drone Israel

Detik-detik Serangan Israel ke Iran (Doc: Fox News)

Photo :
  • VIVA.co.id/Natania Longdong

Pemerintah Iran mengatakan bahwa keterlibatan Israel dalam serangan hari Jumat, 19 April 2024, masih harus dipastikan dan menyangkal penggunaan drone yang disebut digunakan sebagai mainan anak-anak. Menteri Luar Negeri Iran mengklaim drone-drone tersebut lepas landas dari wilayah Iran dan hanya terbang beberapa ratus meter sebelum ditembak jatuh. Baca selengkapnya di sini.

Halaman Selanjutnya
Halaman Selanjutnya