Program Legislasi Harus Sejalan dengan Pembangunan Nasional

Kondisi Rapat Pleno Badan Legislasi DPR RI
Sumber :
  • Rapat Pleno Badan Legislasi DPR RI & Komisi II DPR RI

VIVA.co.id – Wakil Ketua Baleg DPR RI Arief Wibowo menegaskan seharusnya program legislasi (UU) itu sejalan dengan program pembangunan nasional yang akan dijalankan oleh pemerintah. Sehingga ada sinergi antara DPR RI dan pemerintah dalam usaha mewujudkan pembangunan nasional.

Komitmen DPR RI Optimalkan Kerja untuk Rakyat

“Kita sering salah paham, paradoks seolah-olah DPR RI ini dituntut menjadi manufaktur perusahaan yang hanya untuk memproduksi undang-undang. Tidak berpikir apakah UU itu berkualitas atau tidak, dan berpihak untuk kepentingan rakyat atau tidak? Jadi, semua harus dikembalikan kepada sistem politik dan kepartaian,” kata politisi PDIP ini, Rabu 25 Januari 2017.

Untuk masalah politik misalnya kata Arief, belum pernah ada arahan tentang politik nasional dalam penyusunan UU politik. Demikian pula masalah hukum, pendidikan dan lain-lain. Karena itu hasilnya tumpang-tindih.

Tantangan Berat, Setjen dan BK DPR Dorong Pemuda Optimis Bangun NKRI

“Tak ada sinergi dan memang membutuhkan waktu yang cukup lama,” ujarnya.

Soal penguatan kapasitas dewan menurut Arief, itu merujuk kepada UU No 17 tahun 2014 tentang MD3 dimana kewenangan dewan telah dipangkas. Namun, DPR RI tetap bisa menolak RUU jika bertentangan dengan UUD NRI 1945.

DPR Minta Insiden Pembakaran Polsek Bendahara Tidak Terjadi Lagi

“Jadi, kalau disebut DPR tidak produktif, semua akibat dari ketidaktegasan politik legislasi, yang tidak sejalan dengan program pembangunan nasional,” kata Anggota Komisi II DPR RI itu.

Karena itu lanjut Arief, ke depan harus meluruskan kembali jalannya politik legislasi. Tapi, kalau soal teknis administratif, itu bukan wilayah anggota dewan, melainkan menjadi kewenangan Kesekjenan dan Badan Keahlian (BK) DPR RI.

“Jadi, secara keseluruhan terkait dengan sistem politik dan kepartaian nasional,” ujarnya.

Hal yang sama diungkapkan Misbakhun jika program legislasi itu seharusnya disesuaikan dengan program pembangunan nasional. Baik jangka pendek, menengah, dan jangka panjang. Sama halnya dengan RUU Wawasan Nusantara.

“Kita harus mempunyai kesadaran sebagai negara kepulauan yang terdiri dari banyak etnis, budaya, agama, bahasa, dan lain-lain. Maka penting dibuat bagaimana implementasinya dalam berbangsa dan bernegara,” ujarnya.

Sementara itu Hanafi Rais pesimistis terhadap penyelesaian RUU oleh DPR RI, karena waktunya tidak mungkin bisa dimanfaatkan secara maksimal.

“Dari 169 RUU dalam Prolegnas, sementara waktu tersisa yang efektif hanya 150 hari,” katanya.  (webtorial)

Halaman Selanjutnya
Halaman Selanjutnya