6-7-1947: Senapan AK-47 Pertama Kali Diproduksi

Senjata AK-47/Ilustrasi.
Sumber :
  • REUTERS/Maxim Shemetov

VIVA.co.id – Senapan AK-47, senapan paling populer di seluruh dunia hari ini berusia 70 tahun. Senapan ini kini disebut-sebut sebagai senapan favorit pemberontak di banyak negara.

Tavor, Senapan Serbu Israel Pengganti M16 AS dan Kalashnikov Rusia

Senapan AK-47  pertama kali diproduksi pada 6 Juli 1947 oleh sebuah perusahaan bernama Kalashnikov. AK-47 menjadi produk pertamanya dan langsung menjadi best seller. Senapan ini juga menjadi andalan militer Rusia.

Senapan ini menjadi favorit karena biaya produksinya yang rendah dan sangat bisa diandalkan dalam kondisi ekstrem. Tak hanya menjadi andalan Rusia, senapan ini juga menjadi favorit di Eropa Timur, Afrika dan Asia.

Saking populernya, senapan ini juga akhirnya diproduksi di luar Rusia, namun tetap di bawah lisensi Kalashnikov. Ketenarannya membuat senapan AK-47 menjadi senapan legendaris.

Drone Milik AS Ketahuan Mondar-mandir Pantau Perbatasan Rusia

Pada 22 Agustus 2016, Kalashnikov membuka gerai resmi di bandara Sheremetyevo, Rusia. "Kalashnikov adalah salah satu pabrik senjata yang terkenal di Rusia, di mana jika nama Rusia disebut, maka banyak orang yang akan segera mengingat nama kami," ujar Vladimir Dmitriev, Direktur Marketing Kalashnikov, melalui pernyataan yang dikutip oleh Reuters, Selasa, 23 Agustus 2016.

Toko tersebut menjual aneka cenderamata, termasuk senapan plastik aneka model. Pihak bandara mengatakan, toko tersebut juga menjual barang-barang kecil seperti pulpen, payung, tas, topi, juga kaus bertuliskan "I Love AK."

Pertemuan Pertama Putin-Kim, Sepakat Tingkatkan Hubungan Bilateral

Toko tersebut mengambil tempat tak jauh dari stasiun bandara, dan masih di dalam area bandara. Aneka model senapan yang diproduksi oleh Kalashnikov, termasuk senapan otomatis dan senapan ringan, dijual dalam bentuk replika dan dipastikan tak akan mengalami masalah keamanan oleh petugas bandara.

Pihak Kalashnikov mengaku sangat senang bisa mempersembahkan toko tersebut kepada setiap orang. Karena bisa memberi mereka kesempatan untuk membawa pulang cenderamata dari Rusia dengan tanda dari perusahaan terkenal itu. (one)

Beredar foto ular makan senapan AK 47

Saking Laparnya Ular Makan Senapan Serbu AK-47, Cek Faktanya

Ramai di medsos ular dengan tubuh berbentuk senapan jenis AK-47.

img_title
VIVA.co.id
30 Juni 2020