Lima Kesalahan yang Buat HRD Tolak CV Anda

Ilustrasi Curriculum Vitae
Sumber :
  • Pixabay/TobyHerrmann

VIVA.co.id – Tanpa disadari isi dari Curriculum Vitae atau CV adalah langkah awal Anda menuju kesuksesan dalam proses wawancara. Kadang manajer Human Resource Development atau HRD hanya menghabiskan beberapa detik saja untuk melihat CV.

Bikin Video Unik Setelah Di-PHK, Wanita Asal Madrid Ini Kebanjiran Panggilan Kerja

Dengan demikian, bila CV Anda memiliki format dan tata bahasa kurang tepat maka ada kemungkinan akan berakhir di atas tumpukan kertas lainnya. Dilansir dari Business Insider, Kamis, 24 Agustus 2017, manajer HRD sebuah perusahaan adalah penembak tajam yang dapat menghakimi CV Anda cuma dalam hitungan detik untuk memutuskan layak atau tidak Anda masuk perusahaan.  

Sebab, dalam sebuah CV juga sifat dari pekerjaan Anda selama ini. Seorang profesor psikologi dan pemasaran di University of Texas di Austin, pun menulis bahwa manajer HRD pertama kali hanya melihat-lihat resume Anda.

Cara Mengirim Lamaran Kerja Melalui Email dengan Benar

Untuk itu, ada beberapa hal yang perlu diperhatikan dalam membuat CV agar tidak langsung ditolak oleh HRD, yaitu:

1. Lupakan memasukkan moto

Cantumkan Ini di Dalam CV-Mu Kalau Kamu Belum Punya Pengalaman Kerja

Tidak disarankan memasukkan kata-kata atau moto hidup Anda. Kata-kata yang tidak terkait dengan pekerjaan dan industri yang ingin Anda lamar dianggap sebuah omong kosong dalam CV.

2. Terlalu banyak teks

Pakar karier dan juga pendiri situs saran karier Careerealism.com, J.T. O'Donnell mengatakan, bila Anda menggunakan margin 0,5 inci dan font delapan agar muat dalam satu halaman maka ini adalah upaya buruk.

Dia merekomendasikan banyak ruang putih dan tidak lebih dari 0,8 margin. Sehingga CV tidak terlihat padat dan mudah untuk dibaca.

3. Kata ganti pribadi

Riwayat hidup Anda tidak boleh menyertakan kata-kata "saya", "dia",  kata Tina Nicolai, pelatih karier eksekutif dan pendiri Resume Writers 'Ink.

4. Terlalu banyak pointer

Anda bisa membebani resume dengan terlalu banyak pointer. Efeknya sama saja dengan teks yang terlalu banyak sehingga membuatnya sulit dibaca.

5. Rincian umur Anda

Jika Anda tidak ingin didiskriminasikan untuk posisi karena usia Anda, inilah saatnya untuk menghapus tanggal kelulusan Anda, kata Catherine Jewell, penulis New Résumé, New Career.

Sementara banyak orang diajarkan untuk mengetik seperti itu di sekolah, sekarang ini merupakan praktik yang sudah ketinggalan zaman.

Halaman Selanjutnya
Halaman Selanjutnya