Agus Marto Jadi Bos Bank Sentral Terbaik se Asia Timur

Gubernur Bank Indonesia, Agus Martowardojo.
Sumber :
  • ANTARA FOTO/Puspa Perwitasari

VIVA.co.id – Gubernur Bank Indonesia Agus Martowardojo meraih penghargaan sebagai Governor of The Year se-Asia Pasifik Timur. Penghargaan tersebut, diumumkan pada Jumat 14 Oktober 2017 dalam surat kabar Global Markets, yang merupakan bagian dari Euromoney Institutional Investor.

BI Fast Payment, Jawaban untuk Kebutuhan Transaksi Murah

Dalam keterangan resmi BI yang dikutip VIVA.co.id, Senin 16 Oktober 2017, transformasi yang telah dilakukan Gubernur BI dalam berbagai kebijakan bank sentral menjadi alasan Global Markets memberikan penghargaan tersebut. Misalnya, dari mengkomunikasikan kebijakan.

“Agus D.W. Martowardojo dianggap sebagai sosok yang mengusung transparansi untuk menjaring ekspektasi publik. Penyusunan pesan dilakukan sangat serius, untuk memberi sinyal yang tepat,” tulis keterangan resmi bank sentral.

Cadangan Devisa RI Februari 2022 Naik Tipis, Ini Pendorongnya

Selain itu, Global Markets memandang, perubahan suku bunga kebijakan dari BI Rate ke 7 Day Repo Rate dianggap sebagai langkah positif dalam menghasilkan suku bunga yang jauh lebih relevan. Belum lagi, perubahan kebijakan Giro Wajib Minimum dari harian menjadi rata-rata yang juga dianggap akan berdampak baik.

“Di samping itu, langkah-langkah Gubernur BI dalam usaha pendalaman pasar keuangan pun diangkat sebagai salah satu pencapaian,” jelas keterangan BI.

BI Terbitkan Aturan Ketentuan Intensif untuk Perbankan
Ilustrasi dolar AS

Utang Luar Negeri Indonesia Turun Jadi US$413,6 Miliar

Angka utang luar negeri tersebut turun dibandingkan dengan bulan sebelumnya yang sebesar US$415,3 miliar.

img_title
VIVA.co.id
15 Maret 2022