Persaingan Makin Ketat, Semen Indonesia Perkuat Rantai Pasok

Buruh kasar di Indonesia sedang mengangkut semen di sebuah pelabuhan.
Sumber :
  • ANTARA FOTO/Akbar Tado

VIVA – Persaingan bisnis antarperusahaan semen akan semakin ketat di masa depan. Banyaknya kompetitor di industri ini, bahkan dari asing, membuat PT Semen Indonesia Tbk, berupaya meningkatkan daya saing dan memperkuat rantai pasok. 

8 BUMN Ini Sepakat Akselerasi Capai Target Penurunan Emisi Karbon

Kepala Seksi Data & Riset Pemasaran Semen Indonesia, Hendri Erza mengungkapkan, konsumen khususnya di Indonesia, sudah semakin cerdas saat ini. Lingkungan dan perubahan zaman yang telah beralih ke ranah digital, tentunya sangat berpengaruh terhadap perilaku pembelian kosumen. 

Konsumen, menurutnya, pun menuntut kecepatan pembelian, dan service level yang tinggi. Keadaan tersebut, tentunya juga akan memengaruhi pola bisnis Semen Indonesia.

Datangi KPPU, Politikus Gerindra Serahkan Bukti soal Semen Murah China

Hendri menjabarkan, untuk menjawab tantangan tersebut perusahaan telah memilih sistem Enterprise Resource Planning (ERP) untuk memperkuat supply chain Semen Indonesia. Sistem ERP, akan mengintegrasikan proses bisnis dan distribusi semen dari hulu ke hilir mulai dari input, proses, sampai output. Dan pembelian barang, gudang, hingga distribusi ke pasar.

Integrasi antara toko, distributor, dan Semen Indonesia pun menjadi poin penting. Karena itu, koordinasi antara pihak-pihak tersebut akan disatukan dalam sistem ERP. 

Penjualan Semen Baturaja Naik 8 Persen Pada Maret 2019

Lebih lanjur, menurutnya, perusahaan telah memilih untuk menjalani sistem itu menggunakan FORCA ERP. Sebab, aplikasi tersebut adalah buatan dalam negeri dan memiliki informasi yang lengkap terkait bisnis ini

"ERP buatan dalam negeri ini, selain memuat peraturan lokal seperti perpajakan, juga akan menjadi jembatan antara Semen Indonesia dan Distributor hingga ke Toko," ujarnya dikutip dari keterangan resminya, Senin 30 Oktober 2017. 

Toko Besar atau langganan tetap Semen Indonesia pun saat ini telah menggunakan aplikasi FORCA PoS. Dengan aplikasi ini, distributor juga bisa mengelola data, mengetahui keunggulan dan celah bisnis di sektor ini di masa depan. 

Karena itu, Semen Indonesia akan mendukung penuh transformasi digital pada seluruh rantai pasok. Kecepatan dan transparansi dari sisi keuangan dan distribusi adalah hal utama dalam menjalankan bisnis ini. 

"Dengan penggunaan FORCA ERP, diharapkan pengelolaan perusahaan akan lebih efektif dan efisien. Dan, tentunya, kita akan menjadi lebih kuat" tambahnya. (asp)

Halaman Selanjutnya
Halaman Selanjutnya