Tips Menikah Secara Mewah dengan Anggaran Minim

Ilustrasi pernikahan outdoor di pantai
Sumber :

VIVA – Pesta pernikahan adalah sebuah ritual sakral sebelum sah menjadi pasangan suami istri. Setiap pasangan memiliki rancangan pesta pernikahan yang berbeda-beda. Mulai dari jumlah tamu undangan, konsep acara, dekorasi, hingga makanan yang akan disajikan.

Calon Pengantin Wajib Tahu 5 Pedoman Sebelum Menikah

Banyaknya aspek yang harus dipikirkan membuat calon mempelai sedikit pusing. Terlebih lagi jika budget alias anggaran terbatas. Budget memang seringkali menjadi faktor penghambat. Kepingin merayakan pesta pernikahan mewah, apa daya tidak punya uang. Pusing? Sudah jelas. 

Agar pesta pernikahan tetap terlihat mewah, ini dia langkah yang wajib dilakukan seperti dikutip dari Cermati.com, pada Minggu 10 Desember 2017:

Tips Jitu Agar Tak Keteteran Bila Punya Pekerjaan Sampingan

1. Cari tempat resepsi yang bagus tapi murah

“Ada harga, ada kualitas”. Walaupun dengan budget terbatas, Anda tidak boleh putus asa. Ada banyak tempat resepsi pernikahan yang bagus. Tidak perlu merayakan resepsi pernikahan di hotel bintang lima. Cukup manfaatkan wisma, atau taman yang eye catching

Delapan Pekerjaan yang Bakal Digantikan Robot di Masa Depan

Bisa juga menggelar resepsi pernikahan di sebuah restoran. Lagi pula resepsi pernikahan di restoran lebih mudah karena dekorasi dan makanan sudah disiapkan oleh pihak restoran bersamaan dengan sewa gedung. Sehingga tidak perlu mencari vendor secara terpisah.

2. Lakukan dekorasi unik

Jika resepsi pernikahan ingin mengambil konsep outdoor, Anda perlu mendekorasi tempat tersebut agar terlihat unik. Lakukan pencarian di Google atau Pinterest sebagai inspirasi saat melakukan dekorasi. Untuk perlengkapannya sendiri, sesuaikan dengan tema pernikahan. 

Misalnya, konsep pernikahan ala kerajaan, pilihlah bangku dengan bagian belakang yang tinggi. Selain itu, pilih juga warna tirai dan peralatan makan berwarna putih atau coklat.

3. Sebarkan undangan pernikahan online

Teknologi yang ada saat ini sangat bisa dimanfaatkan untuk menekan biaya saat melangsungkan resepsi pernikahan. Salah satunya adalah menyebarkan undangan pernikahan online. Jika orang pada umumnya menyebarkan undangan fisik, cobalah cara baru yang lebih hemat dan praktis.

Akan tetapi, undangan online ini hanya untuk rekan kerja, teman di bangku sekolah, dan sahabat saja ya. Untuk orang tua atau keluarga dekat, tetap usahakan untuk mencetak undangan fisik agar terlihat lebih formal dan sopan.

4. Pastikan jumlah tamu yang hadir

Setelah menyebarkan undangan online, otomatis orang yang Anda undang akan mengisi daftar hadir. Itu artinya cepat atau lambat, Anda akan mengetahui berapa jumlah undangan yang hadir di resepsi pernikahan nanti.

Mengetahui jumlah tamu yang hadir sangat penting untuk meringankan pengeluaran. Jika Anda tidak memastikannya lebih dulu, yang ada makanan dan souvenir pernikahan bakal mubazir. Daripada membuang-buang uang, sempatkan waktu untuk mengecek daftar tamu yang hadir sebelum melakukan pemesanan.

5. Cari katering yang murah

Percaya atau tidak, 70 persen dari biaya akad pernikahan habis untuk keperluan konsumsi. Biayanya juga semakin bertambah jika hidangannya terlalu bervariasi. Belum lagi ditambah banyaknya jumlah tamu undangan. Anda yang on budget, sebaiknya gunakan jasa katering untuk hidangan di acara pernikahan nanti. 

Carilah katering yang murah dengan cita rasa makanan yang enak di lidah. Lakukan riset dan pencarian dengan bijak. Kalau perlu, tanyakan teman atau keluarga yang tahu informasi tentang katering enak dan murah. Negosiasikan lah biaya katering dengan pemiliknya untuk mendapatkan harga yang pas di kantong.

6. Beli souvenir secara lusinan

Sudah menjadi hal umum jika para tamu undangan diberikan souvenir saat akad pernikahan berlangsung. Pemberian souvenir tentu akan menambah biaya. Agar biaya bisa terpangkas, belilah souvenir dalam jumlah lusinan alias banyak. 

Usahakan juga untuk membeli semua souvenir langsung di satu tempat. Ingat, semakin banyak yang dibeli, semakin besar pula kemungkinan untuk mendapatkan diskon. Pada poin ini, carilah toko souvenir yang besar yang menjual berbagai macam souvenir lengkap, lucu, unik, dan berkualitas.

7. Minta bantuan teman yang ahli tata rias dan dokumentasi

Sebelum diberlangsungkannya pernikahan, mempelai wanita wajib tampil cantik dan memukau. Terlebih lagi di acara pernikahan yang notabene sekali seumur hidup. Menyewa MUA (Make Up Artist) itu wajib hukumnya. Namun karena budget terbatas, mintalah teman yang ahli di bidang tata rias untuk mempermak wajah dan penampilan.

Begitu juga dengan dokumentasi, jangan ragu untuk meminta bantuan teman untuk menjadi seorang fotografer dalam sehari. Kalau Anda punya kenalan fotografer akan lebih baik. Pasalnya fee untuk jasa fotografer masih bisa dinegosiasikan.

Halaman Selanjutnya
Halaman Selanjutnya