Jokowi Keliling Tol Surabaya-Mojokerto Naik Mobil Listrik

Presiden Joko Widodo.
Sumber :
  • Nur Faisal / VIVA.co.id

VIVA – Jalan Tol Surabaya-Mojokerto atau Sumo resmi beoperasi mulai hari ini. Ruas tol Trans Jawa  sepanjang total 36,27 kilometer itu diresmikan Presiden Joko Widodo di Gerbang Tol Warugunung Surabaya, Jawa Timur, pada Selasa siang, 19 Desember 2017. 

Mulai Operasi, Jalan Tol Cimanggis-Cibitung Gratis Dua Pekan

Dengan menggunakan mobil listrik Institut Teknologi Sepuluh Nopember (ITS), Ezzy II, Jokowi jadi orang pertama yang menjelajahi ruas tol yang resmi beroperasi, yaitu Seksi 1B, II dan III. 

Jokowi pun mengapresiasi rampungnya pengerjaan Tol Sumo oleh Jasa Marga Surabaya-Mojokerto atau JSM itu. ketiga seksi tersebut merupakan jalur strategis bagian dari proyek jalan tol Trans Jawa Merak-Banyuwangi. 

Mengintip Empat Ruas Tol yang Bakal Dijual Waskita pada 2020

"(Tol Trans Jawa) saya kejar akhir 2019 harus selesai tanpa alasan," katanya.

Menurut Jokowi, memadainya infrastruktur jalan adalah syarat kemajuan sebuah negara. Bila antara satu daerah dengan daerah lain terkoneksi, pertumbuhan ekonomi bisa digenjot. 

Bikin Tugu Mirip Lambang PKI di Madiun, Begini Penjelasan Jasa Marga

"Saya kira kita dikejar-kejar waktu, karena persaingan antar negara makin keras dan ketat," katanya.

Sebagai informasi, seksi 1B menyambungkan antara Surabaya sampai Warugunung, Seksi II dari Warugunung sampai Driyorejo dan Seksi III dari Driyorejo sampai Krian. Ruas itu melengkapi dua seksi sebelumnya yang sudah rampung digarap, yakni Seksi 1A (Waru-Sepanjang) dan Seksi IV (Krian-Mojokerto).

Selain Jokowi, hadir pada peresmian Tol Sumo, yakni Menteri Pekerjaan Umum dan Perumahan Rakyat, Basuki Hadimuljono, Menteri BUMN, Rini Soemarno, Gubernur Jatim, Soekarwo, Wali Kota Surabaya, Tri Rismaharini, dan beberapa pejabat penting lainnya.

Halaman Selanjutnya
Halaman Selanjutnya