Akhir 2018, Seluruh Tol Trans Jawa Tersambung dan Operasi

Menteri Pekerjaan Umum dan Perumahan Rakyat, Basuki Hadimuljono di Tol Bawen-Salatiga.
Sumber :
  • VIVA.co.id/Dusep Malik

VIVA – Menteri Pekerjaan Umum dan Perumahan Rakyat, Basuki Hadimuljono menyambangi kantor Menteri Badan Usaha Milik Negara, Rini Soemarno hari ini. Kedatangan Basuki, merupakan pertemuan rutin membahas percepatan pembangunan tol Trans Jawa hingga Trans Sumatera.

Jokowi Resmikan Jalan Tol Binjai-Stabat, Intip Spesifikasi Tolnya

Basuki mengatakan, pihaknya optimistis bisa mempercepat progres pembangunan tol Trans Jawa. sehingga pada akhir 2018 seluruh tol Trans Jawa sudah tersambung dan dapat beroperasi.

"Ini mau dibahas progresnya Trans Jawa, kan kita targetnya akhir tahun ini harus bisa nyambung. Trans Jawa targetnya kita bisa nyambung 2018 dan operasi," kata Basuki di kantor Kementerian BUMN, Rabu 3 Januari 2018.

Jokowi Resmikan Jalan Tol Penghubung Sumatera Utara dan Aceh

Dia mengatakan, untuk persoalan pembebasan tanah, proyek Tol trans Jawa sudah lancar dan hampir selesai. Beberapa ruas, diharapkan dapat terus dikebut untuk bisa digunakan saat mudik Lebaran 2018 ini.

"Mudah-mudahan Juni ini bisa dimanfaatkan fungsional buat mudik. Ada beberapa. Tanah sudah oke sih, ini sementara ya. Masing-masing kita bahas," katanya.

Hutama Karya Ungkap Sebab Seringnya Kecelakaan di Tol Belakangan Ini

Dicontohkannya, untuk proyek tol Pejagan-Pemalang pembebasan tanah sudah mencapai 100 persen, sedangkan konstruksi sudah 84 persen. Namun, di beberapa proyek tol masih ada permasalahan teknis yang perlu dibahas seperti tanah yang lunak.

"Ada masalahnya teknis, di Batang-Semarang ada tanah lunak misalnya. ini kan masalahnya konstruksi tanah lunak kita mesti dengan konstruksi vakum kayak di Palindra (Palembang-Indralaya). Ini progresnya juga baik dipercepat di trans Jawa untuk bisa tetep target akhir 2018 bisa operasional," jelas dia.

Menkeu Sri Mulyani dan Wamen BUMN di Tol Stabat.

LMAN Kucurkan Rp650 Miliar untuk Pembebasan Lahan Tol Binjai-Langsa

Jalan tol Binjai-Langsa merupakan bagian dari Jalan Tol Trans Sumatera yang membentang dari Aceh hingga Bandar Lampung.

img_title
VIVA.co.id
4 Februari 2022