Sepanjang 2017, Negara Bagikan 5 Juta Sertifikat Tanah

Sofyan Djalil
Sumber :
  • Istimewa

VIVA – Menteri Agraria dan Tata Ruang Sofyan Djalil menyampaikan hasil kinerja kementeriannya sepanjang 2017. Ada satu pencapaian luar biasa yang dilakukan oleh pihaknya, yakni target sertifikasi tanah dari pengukuran dan pemetaan menembus angka 5,2 juta sertifikat.

Cek Fakta: Gibran Mengatakan Pemerintah Sudah Bagikan 110 Juta Sertifikat Tanah

"Kita berhasil mencapai sasaran target sertifikat lima juta. Kita berhasil memetakan, mengukur, dan kemudian mendaftarkan 5,2 juta," kata Sofyan di kantor Kementerian BUMN, Jakarta, Rabu 3 Januari 2018.

Hanya saja, menurut dia, dari jumlah tersebut, sertifikat yang telah dibagikan ke masyarakat baru sebanyak 4,2 juta sertifikat. Artinya, masih ada satu juta sertifikat yang tertahan karena berbagai faktor.

Sertifikat Tanah Elektronik Minimalisir Mafia Tanah, Kata Menteri Hadi

"Yang berhasil dikeluarkan sertifikat itu 4,2 juta, karena sebagian itu tidak bisa dikeluarkan sertifikatnya, karena sengketa, karena orangnya enggak ada di tempat," ujar dia.

Meski begitu, ia bersyukur akan pencapaian yang berhasil dilakukan oleh kementeriannya. "Itu luar biasa. Karena, biasanya capaian BPN (Badan Pertanahan Nasional) itu satu tahun antara 500-800 ribu (sertifikat)," katanya.

Selamatkan Aset BMD dan BUMN, Menteri ATR/BPN Serahkan 305 Sertifikat Tanah di Lampung

Kemudian, saat disinggung mengenai realisasi anggaran kementeriannya, Sofyan mengatakan, penyerapan anggaran sudah di atas 90 persen. Namun, ia tak merinci lebih lanjut, karena anggaran kementeriannya bisa dibilang cukup kecil dibanding kementerian lain.

Menteri AHY di Markas Polda Jatim di Surabaya.

Menteri AHY Bongkar 2 Kasus Mafia Tanah Bernilai Miliaran di Jawa Timur

Menteri ATR/BPN Agus Harimurti Yudhoyono (AHY) mengungkapkan adanya kasus mafia tanah di Jawa Timur bernilai miliaran rupiah

img_title
VIVA.co.id
16 Maret 2024