11-01-1908: Alam Liar Grand Canyon Jadi Monumen Nasional AS

Grand Canyon Skywalk, Amerika Serikat
Sumber :
  • canyontours.com

VIVA – Pada hari ini tepat tanggal 11 Januari 1908 silam, Presiden Amerika Serikat Theodore Roosevelt mengumumkan bahwa Grand Canyon di Arizona menjadi Monumen Nasional AS.

Destinasi Wisata Grand Canyon, Indah tapi Mematikan

Dilansir laman History, banyak warga asli atau pribumi Amerika yang tinggal di wilayah tersebut sejak abad ke-13 hingga Eropa meneken wilayah itu menjadi miliknya pada tahun 1954 setelah ditemukan pelaut Spanyol, Francisco Vasquez de Coronado.

Lalu pada tahun 1869, geolog bernama John Wesley Powell memimpin ekspedisi berisi 10 orang pria melakukan perjalanan di sepanjang sungai Colorado hingga ke wilayah itu dengan perahu. Hingga akhirnya pada penghujung abad ke-19, Grand Canyon menjadi wilayah yang mulai dikenal turis.

Ada yang Belum Dipenuhi, Mensesneg Surati Anies Soal Stasiun MRT Monas

Salah satu pengunjungnya yaitu Roosevelt. Pria asal New York yang menjadi Presiden AS pada tahun 1901 setelah pembunuhan Presiden William McKinley.

Pada masa kepresidenannya, dia melakukan konservasi Grand Canyon dan membentuk satuan pelindung alam liar untuk melindungi hewan-hewan yang ada di sana. Meski tak sepenuhnya disetujui Kongres, Roosevelt lalu meresmikan bahwa Grand Canyon adalah Monumen Nasional AS. (mus)

Sampai Malam Tahun Baru, Ada Pertunjukan Video Mapping di Monas
Alfredo Arriaga Burdio

3 Tips Hidup Sehat Burdio Kakek 92 Tahun, Taklukan Grand Canyon

Alfredo Arriaga Burdio telah masuk dalam Guinness Book of World Records sebagai orang tertua yang berhasil melintasi Grand Canyon di Arizona, Amerika Serikat di usia 92.

img_title
VIVA.co.id
22 Februari 2024