3 Tips Hidup Sehat Burdio Kakek 92 Tahun, Taklukan Grand Canyon

Alfredo Arriaga Burdio
Sumber :
  • Business Insider

AMERIKA SERIKAT – Alfredo Arriaga Burdio telah masuk dalam Guinness Book of World Records sebagai orang tertua yang berhasil melintasi Grand Canyon di Arizona, Amerika Serikat.

Hubungan Israel-Arab Saudi Alot, Menlu AS Temui Pangeran MBS

Tak main-main, dia menaklukkan lembah terdalam di dunia  pada usia 92 tahun. Pria asal Jerman ini melintasi Grand Canyon bersama putrinya Annabelle Arriaga Buschnau.

Burdio, keluarganya, dan dua orang saksi yang ikut  dalam perjalanan  berhasil mendaki Grand Canyon dalam waktu dua hari atau sekitar 21 jam 15 menit.

Nilai 3 Artefak Langka Zaman Majapahit yang Dicuri Capai Rp 46 Miliar

Alfredo Arriaga Burdio

Photo :
  • Business Insider

Waktu tempuh dari Bourdieu cukup lama. Namun, bukan karena Burdio kelelahan, melainkan karena banyak orang di sepanjang jalur yang menyemangatinya dan meminta untuk berfoto bersama mereka.

AS Kembalikan Barang Antik Milik Indonesia yang Dicuri, Ada 3 Artefak Majapahit

 "Tidak ada seorang pun yang terlalu tua untuk melakukan apa pun, lakukan apa yang saya lakukan, anda dapat mengasah keterampilan anda,"  ucap Burdio

Prestasi ini mungkin tidak akan pernah tercapai jika dia tidak dinyatakan sehat oleh dokter pada usia 70-an, kata Burdio. Saat itu, Burdio mengubah gaya hidupnya menjadi lebih kuat dan melakukan berbagai aktivitas agar tubuh tuanya lebih sehat dan awet muda.

Anabel mengatakan bahwa kedua orang tuanya memiliki kecintaan yang sama terhadap keajaiban alam dan menjelajahi dunia setelah pensiun. Selama masa itu, pasangan ini bersepeda sejauh 1.800 mil dari Finlandia ke Jerman, mengunjungi base camp Gunung Everest di Nepal sebanyak tujuh kali, dan menghabiskan waktu satu tahun untuk menjelajahi taman-taman nasional di Amerika. Istri Burdio meninggal pada tahun 2006.

Burdio juga berbagi tips hidup sehat hingga  menjadi pemegang rekor orang tertua yang melewati Grand Canyon.

 1.Konsumsi makanan enak dan minum air putih yang cukup

Alfredo Arriaga Burdio

Photo :
  • Business Insider

Makan yang baik dan minum air putih Langkah pertama untuk hidup sehat adalah dengan selalu menikmati makanan dan banyak minum air putih.

Melansir dari Business Insider, Rabu 21 Februari 2024, Burdio biasanya meminum oatmeal hangat dan susu di malam hari. Dia juga suka menambahkan bahan tambahan nutrisi dan kaya serat, seperti buah ara kering dan almond.

"Ini salah satu makanan favorit saya dan selalu menjadi makan malam  jam 4 atau 5 sore," katanya.

 2. Banyak berjalan kaki

Alfredo Arriaga Burdio

Photo :
  • Business Insider

Selain pola makan yang sehat dan bergizi tetapi tetap enak,  dia juga menyarankan orang-orang untuk mulai berjalan kaki. Dia merekomendasikan berjalan kaki setidaknya 30 menit setiap hari.

“Jumlahnya tidak  banyak, olah raga ini juga sangat murah dan mudah,” ujarnya.

Namun,  waktu minimumnya adalah 30 menit, Faktanya, Burdio mengatakan semakin banyak anda berjalan, semakin baik. Bahkan, selama hampir delapan bulan sebelum mendaki Grand Canyon, dia memastikan meluangkan waktu untuk berjalan kaki selama tiga jam setiap hari.

“Kalau punya waktu lebih, perbanyaklah berjalan kaki,'' ucapnya.

 3.Tidur dengan cukup

Alfredo Arriaga Burdio

Photo :
  • Busimess Insider

Tidur dalam jumlah yang cukup sangatlah penting bagi tubuh anda, anda perlu tidur minimal 8 jam sehari. Bourdio selalu tidur dan bangun di waktu yang sama. Menurutnya, waktu tidur yang tepat membantu Anda menjadi disiplin dan sehat.

“Saya sudah tua, tapi  saya bisa melakukan banyak hal dengan cara ini,” katanya.

Halaman Selanjutnya
Halaman Selanjutnya