Ojesy, Ojek Online Muslimah Pesaing Gojek dan Grab

Ojek online Jesy.
Sumber :
  • VIVA.co.id/Mitra Angelia

VIVA – Di tengah ketatnya persaingan layanan transportasi berbasis daring atau online, seperti Gojek, Grab dan Uber, kini muncul satu pesaing layanan serupa, yakni Ojesy di bawah PT Ojek Syari Indonesia.

Sopir Taksi Online yang Todong Penumpang Wanita dan Minta Rp 100 Juta Ditangkap saat Tidur Pulas

Berdasarkan penelusuran VIVA, Jumat, 12 Januari 2018, yang membedakan Ojesy dengan tiga lainnya adalah layanan transportasi online ini mengharuskan pengendara perempuan Muslim dan berhijab.

Ojesy juga menerapkan aturan kalau penumpangnya pun harus kaum hawa. Platform ini mulai tersebar dalam bentuk pamflet di aplikasi perpesanan WhatsApp.

Viral Curhat Penumpang Dipaksa Transfer Uang Rp100 Juta oleh Driver Taksi Online

Selain harus muslimah dan berhijab, pada pamflet itu disebutkan bahwa pengendara wajib memiliki SIM C serta usia maksimal 40 tahun dan mempunyai smartphone Android.

PT Ojek Syari Indonesia.

Rencana Merger dengan Gojek dan Grab Bakal Terealisasi? GOTO Buka Suara

PT Ojek Syari Indonesia atau Ojesy.

Syarat lainnya adalah harus mendapat izin bergabung menjadi 'Sahabat Ojesy' dari suami atau ayah atau ibu atau saudara.

Untuk monetisasi, antara pengemudi dan manajemen Ojesy pembagiannya berkisar 80-90 persen. Artinya, manajemen Ojesy hanya mendapat keuntungan 10-20 persen saja.

Adapun wilayah beroperasinya Ojesy berada di Jawa Timur, Jawa Tengah, DIY, Jawa Barat, Banten, DKI Jakarta, Sulawesi Selatan, Sumatera Selatan dan Riau.

Platform serupa sempat menjamur setelah kesuksesan GoJek, Grab dan Uber. sebut saja LadyJek, TeknoJek serta AdaJek. Akan tetapi, lambat laun layanan tersebut mulai hilang dari jalan raya.

Halaman Selanjutnya
Halaman Selanjutnya