Barang-barang yang Bakal Dilelang Pejabat Secara Sukarela

Gedung kementerian Keuangan
Sumber :
  • VIVAnews/Anhar Rizki Affandi

VIVA – Direktorat Jendral Kekayaan Negara, atau DJKN Kementerian Keuangan, melalui Direktorat Lelang, secara resmi mengumumkan lelang sukarela barang-barang pejabat negara. Hal itu, akan berlangsung di Gedung Galeri Nasional Indonesia pada 28 Februari 2018.

Pemanfaatan Aset Negara Buat Bangun IKN Jadi Fokus Kerja DJKN 2022

Direktur Lelang DJKN, Lukman Effendi menyebutkan, lelang ini akan menjual koleksi pribadi Wapres Jusuf Kalla dan Mufidah Jusuf Kalla, Menteri Keuangan Sri Mulyani, Menteri BUMN Rini Sumarno, dan Menteri Luar Negeri Retno Lestari. Kemudian, Menteri Perindustrian Airlangga Hartato, Menteri Agraria dan Tata Ruang/Kepala BPN Sofyan A. Djalil, Menteri Kesehatan Nila F. Moeloek, dan Menteri Perhubungan Budi Karya.

Selain itu, Lukman juga mengatakan, terdapat juga lelang koleksi pribadi milik pejabat eselon I Kementerian Keuangan. Seperti barang milik Sekjen Kemenkeu Hadiyanto, Dirjen Kekayaan Negara Isa Rachmatarwata, Dirjen Pajak Robert Pakpahan, Dirjen Bea dan Cukai Heru Teguh, dan Dirjen PPR Luky Alfirman.

Mau Beli ORI021 Bunga 4,9 Persen, Ini 28 Mitra Distribusinya

"Terdapat juga koleksi pribadi Dirut PT BNI Tbk, Achmad Baiquni dan Dirut PT BRI Tbk, Suprajarto," kata Lukman di Kantor Kementerian Keuangan, Senin 26 Februari 2018.

Adapun barang-barang yang dilelang atau objek lelang, lanjut Lukman, adalah barang yang tidak bergerak dan mengandung unsur memorabilia atau penuh kenangan. Sehingga, harga jualnya tidak ada batasnya. 

Polisi Tangkap Pegawai DJKN Pemalsu Surat Lahan BLBI 

“Antara lain sepatu merk JK collection, kain batik, tenun, songker nusantara, baju batik, gitar, lukisan, dan seperangkat alat golf. Kemudian sepeda, cookies jar keramik, tas, sepatu, jaket kulit, sajadah, badge tenis meja, jam tangan, dan dasi," kata Lukman.

Hasil lelang sukarela ini, jelas Lukman, akan disalurkan untuk kegiatan sosial sesuai dari referensi yang diberikan oleh penjual atau pemilik barang. Sedangkan negara memperoleh dari Pendapatan Negara Bukan Pajak (PNPB) dari bea lelang yang di setor.

Gedung Kementerian Keuangan Republik Indonesia

Kemenkeu Catat Aset Tanah PTNBH Senilai Rp161,30 Triliun

Untuk nilai BMN berupa tanah di 12 PTNBH. Jenis aset PTNBH terbagi menjadi dua yang salah satunya tanah.

img_title
VIVA.co.id
29 Januari 2022