Kemenhub Gencar Tarik Investor Swasta untuk Proyek KA

Ilustrasi PT KAI.
Sumber :
  • ANTARA FOTO/Budi Candra Setya

VIVA – Direktorat Jenderal Perkeretaapian di Kementerian Perhubungan terus menawarkan investasi pembangunan infrastruktur transportasi kereta api. Salah satunya adalah proyek Kereta Api Makassar-Parepare.

KAI Daop 6 Operasionalkan 2 KA Tambahan dari Solo Balapan Saat Lebaran

Direktur Jenderal Perkeretaapian, Zulfikri menyampaikan, hal tersebut kepada investor internasional dalam  acara Indonesia Railway Conference 2018, di JI-Expo Kemayoran, Jakarta, Kamis 22 Maret 2018.

"Kan, ini forum internasional jadi saya menawarkan, kita lagi mencari, meng-invite investor untuk infrastruktur kita buka, regulasi udah siap," kata Zulfikri ditemui usai memberikan sambutan.

Tiket Kereta Api Jarak Jauh Dijual Mulai Rp 25 Ribu dari 3 Stasiun Ini, Catat Rutenya

Dia mengatakan, pada 19 maret 2018 kemarin, sebetulnya pihaknya telah melakukan market sounding untuk investasi proyek KA Makassar-Parepare ke sejumlah investor.

Kesempatan kali ini pun tak dilewatkannya, karena ada berbagai investor swasta internasional yang hadir.

Kereta Api Luar Biasa Terapkan Ganjil Genap, Cek Perubahan Jadwalnya!

"Kita tawarkan untuk sebagian di investasi swasta, PPP (Public Private Partnership), sebagian juga untuk operasi prasarana, kita," katanya.

Proyek jalur kereta api Trans Sulawesi

Proyek kereta api

Dia menuturkan, untuk peminat sendiri dapat dilihat dari acara market sounding yang diselenggarakan beberapa waktu lalu. Hal yang menarik, katanya, pembiayaan proyek ini dapat dilakukan melalui Kerja sama Pemerintah Badan Usaha (KPBU) dengan skema baru, yaitu availability payment (pembayaran secara berkala).

"Kemarin, yang hadir banyak (di acara market sounding), karena skema-nya agak beda, ini pakai availability payment. KPBU itu kan banyak macam-macam kan ya, ada yang availability payment ada yang BoT (Build Operate Transfer)," katanya.

Skema availability payment, menurutnya, akan lebih menarik bagi investor swasta. Dia juga mengatakan, saat ini sepanjang 44 kilometer proyek KA Makassar Pare-pare yang dibangun melalui dana APBN yang ditargetkan pemerintah untuk beroperasi di tahun ini.

"Untuk KPBU ini sendiri kita harapkan selesai Oktober. Oktober sudah lelang, berarti nanti akan ada operator untuk prasarana. yang kita KPBU kan prasarana, bukan sarana," tutur dia. (ren)

Halaman Selanjutnya
Halaman Selanjutnya