Laut Sabang Simpan Energi Listrik 1.200 Megawatt

Potensi Wisata Bahari Sabang
Sumber :
  • Antara/M Agung Rajasa

VIVA – Ketua proyek Ocean Thermal Energy Conversion (OTEC), Sha'azza A. Aziz dari Infrakomas Malaysia mengatakan, laut Sabang memiliki potensi energi laut yang sangat besar.

Reaktor Fusi Nuklir Terbesar di Dunia Beroperasi, Bukan untuk Perang

Menurut dia, potensi itu dapat dikembangkan melalui teknologi yang dikembangkan OTEC menjadi sumber energi listrik atau Ocean Thermal Energy.

Potensi energi laut yang sangat besar di Sabang diketahui setelah melakukan studi pra-fisibilitas selama hampir dua tahun di wilayah perairan Sabang. Bahkan, potensi energi laut Sabang jauh lebih besar dibandingkan dengan daerah lain di Indonesia.

Energi Adalah, Pahami Definisi, Macam-Macam, Sumber, dan Fungsinya

"Lokasinya tidak jauh dengan darat, dan potensi energinya sangat besar dan sangat bagus untuk dikembangkan," ujar Sha'azza saat bertemu Gubernur Aceh, Irwandi Yusuf, di ruang rapat Gubernur Aceh, Kamis 4 maret 2018.

Selain untuk energi listrik, lanjut Sha'azza, energi laut Sabang juga bisa dikembangkan untuk menghasilkan air bersih yang dapat dipergunakan untuk industri dan konsumsi masyarakat.

Pulau Buatan Pasok Energi untuk Tiga Juta Rumah

Dia mengatakan, potensi energi laut Sabang jika dikembangkan akan mampu menghasilkan 120 megawatt energi listrik untuk satu lokasi, dan total potensi keseluruhan dapat mencapai 1.200 megawatt.

Sha'azza berharap Pemerintah Aceh memberikan dukungan dan kesempatan kepada infrakomas untuk melanjutkan studi fisibilitas selama dua tahun.

Sementara itu, Gubernur Aceh Irwandi Yusuf mengapresiasi apa yang sudah dilakukan Infrokomas untuk menggali potensi energi laut Sabang. Pihaknya siap untuk mendukung langkah selanjutnya untuk melakukan studi fisibilitas. (mus)

Halaman Selanjutnya
Halaman Selanjutnya