Reaktor Fusi Nuklir Terbesar di Dunia Beroperasi, Bukan untuk Perang

Reaktor Fusi Nuklir Terbesar di Dunia Beroperasi
Sumber :
  • Istimewa

VIVA Digital – Reaktor fusi nuklir eksperimental terbesar di dunia yang sedang beroperasi diresmikan di Jepang pada hari Jumat pekan lalu, sebuah teknologi yang masih dalam tahap awal namun disebut-sebut oleh beberapa pihak sebagai jawaban atas kebutuhan energi manusia di masa depan.

Krisis Populasi Jepang: Setengah Perempuan Muda Hilang di 40 persen Wilayah pada 2050

Dilansir dari Sciencealert, Selasa, 5 Desember 2023, Fusi berbeda dengan fisi, teknik yang saat ini digunakan dalam pembangkit listrik tenaga nuklir, dengan menggabungkan dua inti atom dan bukan membelahnya.

Heru Budi Apresiasi Kerja Sama Proyek MRT dengan Jepang, Nilainya Rp11 Triliun

Reaktor Fusi Nuklir Terbesar di Dunia Beroperasi

Photo :
  • Istimewa

Tujuan dari reaktor JT-60SA adalah untuk menyelidiki kelayakan fusi sebagai sumber energi bersih yang aman, berskala besar, dan bebas karbon - dengan lebih banyak energi yang dihasilkan daripada yang digunakan untuk memproduksinya.

5 Negara Paling Tidak Ramah Vegetarian di Asia, Ada Korea Selatan dan Jepang

Mesin setinggi enam lantai, di hanggar di Naka di utara Tokyo, terdiri dari bejana "tokamak" berbentuk donat yang diatur untuk menampung plasma yang berputar-putar yang dipanaskan hingga 200 juta derajat Celcius (360 juta derajat Fahrenheit).

Proyek ini merupakan proyek bersama antara Uni Eropa dan Jepang, dan merupakan cikal bakal dari proyek kakaknya di Prancis, International Thermonuclear Experimental Reactor (ITER) yang masih dalam tahap konstruksi.

Tujuan utama dari kedua proyek ini adalah untuk membujuk inti hidrogen di dalamnya agar menyatu menjadi satu elemen yang lebih berat, helium, melepaskan energi dalam bentuk cahaya dan panas, dan meniru proses yang terjadi di dalam Matahari.

Para peneliti di ITER, yang mengalami kelebihan anggaran, terlambat dari jadwal dan menghadapi masalah teknis besar, berharap untuk mencapai cawan suci teknologi fusi nuklir, yaitu energi bersih.

Sam Davis, wakil pemimpin proyek JT-60SA, mengatakan bahwa perangkat ini akan "membawa kita lebih dekat ke energi fusi".

"Ini adalah hasil kolaborasi antara lebih dari 500 ilmuwan dan insinyur serta lebih dari 70 perusahaan di seluruh Eropa dan Jepang," kata Davis pada peresmian hari Jumat.

Reaktor Fusi Nuklir Terbesar di Dunia Beroperasi

Photo :
  • Istimewa

Komisaris energi Uni Eropa Kadri Simson mengatakan bahwa JT-60SA adalah "tokamak tercanggih di dunia", dan menyebut dimulainya operasi ini sebagai "tonggak sejarah fusi".

"Fusi memiliki potensi untuk menjadi komponen kunci untuk bauran energi pada paruh kedua abad ini," tambah Simson.

Prestasi "perolehan energi bersih" ini dilakukan pada bulan Desember lalu di National Ignition Facility di Lawrence Livermore National Laboratory, Amerika Serikat, yang merupakan rumah bagi laser terbesar di dunia.

Fasilitas AS ini menggunakan metode yang berbeda dengan ITER dan JT-60SA yang dikenal sebagai fusi kurungan inersia, di mana laser berenergi tinggi diarahkan secara simultan ke dalam silinder seukuran bidal yang berisi hidrogen.

Pemerintah AS menyebut hasil penelitian ini sebagai "pencapaian penting" dalam upaya mencari sumber energi bersih yang tidak terbatas dan mengakhiri ketergantungan pada bahan bakar fosil yang menghasilkan emisi karbon yang menyebabkan perubahan iklim serta pergolakan geopolitik.

Tidak seperti fisi, fusi tidak memiliki risiko kecelakaan nuklir yang dahsyat - seperti yang terjadi di Fukushima, Jepang, pada tahun 2011 - dan menghasilkan jauh lebih sedikit limbah radioaktif dibandingkan dengan pembangkit listrik yang ada saat ini, demikian ungkap para eksponennya.

Halaman Selanjutnya
Halaman Selanjutnya