2024 Harus Hati-hati

Hacker.
Sumber :
  • New York Post

VIVA Digital – Tim Pakar Keamanan Siber Kaspersky Security Bulletin melaporkan perkiraan ancaman siber terperinci pada 2024. Raksasa siber Rusia ini mengingatkan supaya hati-hati dengan menunjukkan beragam tantangan, di mana serangan siber semakin memanfaatkan topik yang sedang tren.

BTN Cetak Laba Bersih Rp 860 Miliar di Kuartal I-2024, Penyaluran Kredit Tembus Rp 344,2 Triliun

Menurut Perserikatan Bangsa-Bangsa atau PBB, tingkat konflik kekerasan global tahun ini menjadi yang tertinggi sejak Perang Dunia II.

Meningkatnya konflik, ditambah dengan dampak jangka panjang dari pandemi Covid-19 dan bencana iklim yang terus berlanjut, telah menciptakan lingkungan utama bagi penipuan berkedok amal.

Viral Wanita Ini Ngaku Ditipu Elon Musk, Uang Rp800 Miliar Melayang

Dengan investasi finansial yang besar dan daya tarik pendapatan dari permainan P2E atau Play-to-Earn, video game yang pemainnya diberi hadiah berupa token kripto dan NFT, maka peretas atau hacker siap meningkatkan fokus mereka dalam mengeksploitasi sektor tersebut.

Serangan siber.

Photo :
  • www.pixabay.com/bykst
27 Korban Penipuan Investasi Rp52 Miliar Geruduk Rumah Orang Tua Pelaku di Tasikmalaya

Lonjakan nilai Bitcoin baru-baru ini dan janji kemudahan mendapatkan uang dalam game menjadikannya target yang menarik bagi hacker. Kemudian, deepfake suara. Ketika deepfake gambar menjadi lebih umum, kini, perkembangan menuju deepfake suara semakin cepat.

Peluncuran API Text-to-Speech (TTS) OpenAI baru-baru ini, dengan kemampuan canggihnya untuk menghasilkan ucapan mirip manusia, menyoroti kemajuan signifikan dalam teknologi suara buatan tersebut. Meskipun inovasi-inovasi ini menandai sebuah lompatan ke depan, namun juga memberikan peluang untuk disalahgunakan.

"Hacker berpotensi mengeksploitasi teknologi ini untuk menciptakan konten penipuan yang lebih meyakinkan dan mudah diakses, sehingga meningkatkan risiko terkait dengan teknologi deepfake," ungkap Pakar Privasi dan Keamanan Siber Kaspersky, Anna Larkina, Senin, 4 Desember 2023.

Lalu, selain memperkuat privasi pengguna, VPN memainkan peran penting dalam mengatasi tantangan seperti segmentasi internet dan pembatasan wilayah situs web, yang sering kali merupakan produk sampingan dari perubahan geopolitik.

Praktik-praktik ini menerapkan pembatasan berbasis lokasi pada akses informasi, namun dengan menggunakan klien VPN tertentu, pengguna dapat melewati hambatan ini, sehingga memungkinkan akses ke spektrum informasi yang lebih luas.

Deepfake.

Photo :
  • NAB Pilot

Mengingat kemampuan ini, ditambah dengan meningkatnya kekhawatiran terhadap privasi dan aksesibilitas informasi, permintaan global terhadap solusi VPN diperkirakan akan meningkat secara signifikan di tahun mendatang.

Ketika film blockbuster seperti Dune: Part 2, Deadpool 3, Joker 2, Gladiator 2, dan Avatar 3 semakin dekat untuk dirilis, penipuan akan meningkat. Pemogokan para aktor (actor strike) dapat menyebabkan transfer film baru tanpa izin, sehingga menciptakan lingkungan ideal bagi situs phishing yang menawarkan akses eksklusif.

Tidak hanya terbatas pada pemutaran perdana bioskop, jika GTA VI memulai debutnya pada 2024, maka siap menjadi sorotan. Sifat online dari game ini memperkenalkan mata uang dalam game, sehingga menarik perhatian hacker.

"Skema klasik yang melibatkan kunci pre-order dan harga yang menarik diperkirakan akan muncul kembali seiring dengan antusiasnya komunitas game menyambut rilis tersebut," tutur Anna.

Halaman Selanjutnya
Halaman Selanjutnya