Berapa Lama Lagi Bumi akan Bertahan?

Ilustrasi sampah luar angkasa yang mengorbit Bumi.
Sumber :
  • NASA

VIVA Tekno – Saat ini, Matahari adalah sumber gravitasi dan energi yang penting. Tapi, suatu hari nanti, Matahari akan menyebabkan kehancuran bagi Bumi. Benarkah?

Direkomendasikan oleh IDI, Apa Sih Physical Sunscreen Itu?

Jadi, berapa lama waktu yang dimiliki Bumi sebelum ditelan oleh Matahari? Perkiraan waktu kematiannya adalah beberapa miliar tahun dari sekarang. Tapi, kehidupan di Bumi akan berakhir jauh lebih cepat dari itu.

Kapan Bumi Kiamat?

Matahari tampak seperti sedang tersenyum.

Photo :
  • NASA

Dilansir dari Live Science, Senin, 4 Desember 2023, para ilmuwan menyebut kalau Bumi akan menjadi tidak dapat ditinggali oleh sebagian besar organisme dalam waktu sekitar 1,3 miliar tahun karena evolusi alami Matahari.

NASA Sebut Ada Lebih dari 5.000 Planet di Luar Tata Surya, Begini Penjelasannya

Dan manusia dapat dengan mudah mendorong diri kita sendiri (dan spesies lain yang tak terhitung jumlahnya) menuju kepunahan dalam beberapa abad ke depan, jika laju perubahan iklim yang disebabkan oleh manusia saat ini tidak dimitigasi.

Kematian Matahari

Akhir dari kehidupan planet kita terkait dengan evolusi matahari

"Bumi mungkin memiliki waktu 4,5 miliar tahun sebelum matahari menjadi raksasa merah besar dan kemudian menelan Bumi," kata Ravi Kopparapu, seorang ilmuwan planet di Goddard Space Flight Center NASA, kepada Live Science. Raksasa merah terbentuk pada tahap akhir evolusi bintang, ketika bintang kehabisan hidrogen untuk bahan bakar fusi nuklirnya dan mulai mati, menurut Badan Antariksa Eropa.

Setelah fusi berhenti, gravitasi akan mengambil alih. Inti helium akan mulai memampat karena gravitasi, yang akan meningkatkan suhu. Lonjakan panas tersebut akan menyebabkan lapisan plasma luar Matahari mengembang secara dramatis. "Matahari akan membengkak setidaknya seukuran orbit Bumi," kata Kopparapu.

Nasib Bumi

Matahari.

Photo :
  • YouTube

Namun, Bumi kemungkinan besar tidak akan bertahan selama 4,5 miliar tahun, dan tentunya tidak akan menjadi Bumi yang kita kenal.

"Anda tidak perlu menunggu lapisan terluar [Matahari] mencapai Bumi," katanya. Planet ini akan mengalami panas yang ekstrem jauh sebelum Matahari menyelesaikan transisinya menjadi raksasa merah.

Ketika proses sekarat matahari meningkatkan suhu, "lautan akan menguap, lalu atmosfer akhirnya hilang, dan kemudian kekuatan pasang surut gravitasi Matahari akan menghancurkan Bumi."

Sekitar 1,3 miliar tahun dari sekarang, "manusia tidak akan dapat bertahan hidup secara fisiologis di Bumi" karena kondisi yang panas dan lembab secara terus-menerus. Dalam waktu sekitar 2 miliar tahun, lautan akan menguap ketika luminositas Matahari hampir 20 persen lebih tinggi dari sekarang, kata Kopparapu.

Beberapa kehidupan mungkin akan bertahan hingga saat ini – seperti "ekstremofil" yang hidup di dekat ventilasi hidrotermal di dasar laut - tetapi tidak dengan manusia, kata Kopparapu.

"Manusia – dan semua kehidupan yang kompleks – sangat membutuhkan," kata Rodolfo Garcia, seorang mahasiswa doktoral di bidang astronomi dan astrobiologi di University of Washington, kepada Live Science. Pada manusia, misalnya, demam hanya 6 derajat Fahrenheit (3,3 derajat Celcius) dapat mengancam nyawa, katanya.

Suhu bola basah yang berbahaya – kombinasi dari suhu, kelembaban, kecepatan angin, sudut matahari dan tutupan awan – di mana manusia tidak dapat lagi mendinginkan diri dengan berkeringat jauh lebih dekat, hanya beberapa derajat saja, kata Kopparapu.

Ambang batas bola basah untuk manusia pertama kali diprediksi 95 derajat F (35 derajat C), tetapi penelitian yang lebih baru menunjukkan bahwa suhu bola basah serendah 86 F (30 C) dapat mematikan.

Beberapa tempat di Bumi telah mencapai suhu bola basah yang melebihi 90 derajat F (32 derajat C) dalam beberapa kesempatan dan model iklim memprediksi 95 derajat F (35 derajat C) akan menjadi kejadian biasa di wilayah seperti Timur Tengah pada akhir abad ini.

Pada suhu tersebut, hewan yang berkeringat pada dasarnya akan memasak dalam panas, kata Kopparapu. Intinya, gas rumah kaca yang kita hasilkan akan mengancam kehidupan dan masyarakat di Bumi jauh sebelum Matahari benar-benar mati.

Halaman Selanjutnya
Halaman Selanjutnya