Mendorong Kompetensi untuk Hadapi Tantangan Digitalisasi

Digitalisasi.
Sumber :
  • INSEAD Knowledge

VIVA Tekno – Digitalisasi masih menjadi tantangan karena telah menimbulkan kesenjangan dan marginalisasi, khususnya bagi pekerja-pekerja yang tidak terampil.

Livin´ Merchant, Inovasi Bank Mandiri Perluas Jangkau Nasabah UMKM

Oleh sebab itu, beberapa strategi dilakukan untuk mengatasinya, terutama meningkatkan produktivitas tenaga kerja.

Wakil Presiden Ma'ruf Amin menekankan kepada seluruh pelaku dunia usaha agar senantiasa mendorong pengembangan kompetensi dan karir pekerja, serta optimalisasi teknologi.

37 Penyandang Disabilitas Daftar Rekrutmen Bintara Polri

Pengembangan kompetensi di sini termasuk mengedepankan prinsip inklusivitas, di antaranya dengan memberikan ruang dan kesempatan kerja yang adil bagi perempuan dan penyandang disabilitas, serta rekrutmen dengan prioritas pada tenaga kerja lokal.

Ia juga mengingatkan bahwa peningkatan produktivitas pembangunan bertumpu pada kolaborasi yang baik antara pemerintah, perusahaan, dan pekerja.

Jokowi Tawarkan CEO Microsoft Bangun Pusat Riset Teknologi di IKN

Wakil Presiden KH Maruf Amin

Photo :
  • http://www.wapresri.go.id

"Pemanfaatan teknologi harus dilakukan tidak hanya untuk memaksimalkan produktivitas, tetapi juga untuk mengelola dampak aktivitas perusahaan pada lingkungan dan masyarakat sekitar," kata Ma'ruf Amin, seperti dikutip dari situs resmi Wapresri, Minggu, 3 Desember 2023.

Sementara itu, Direktur Legal and Compliance Alfamidi Afid Hermeily mengatakan, untuk karyawan disabilitas, saat ini pihaknya sudah memenuhi standar yang ditetapkan pemerintah yakni satu persen dari total pekerja.

Per Oktober 2023, Alfamidi telah mempekerjakan sebanyak 277 karyawan disabilitas. "Kami juga berkomitmen untuk memberikan ruang bagi para penyandang disabilitas untuk mengembangkan karir," tutur Afid.

Ilustrasi tenaga kerja.

Photo :
  • Pixabay

Sebagai informasi, PT Midi Utama Indonesia Tbk atau Alfamidi meraih penghargaan sebagai perusahaan terbaik kategori Penanaman Modal Dalam Negeri atau PMDN Berskala Besar dari Kementerian Ketenagakerjaan dalam penghargaan Naker Award 2023.

Penghargaan ini diberikan langsung oleh Wakil Presiden Ma'ruf Amin yang disaksikan Menteri Ketenagakerjaan Ida Fauziyah kepada Afid Hermeily, selaku Direktur Legal and Compliance Alfamidi.

Program Naker Award 2023 dilaksanakan berdasarkan Keputusan Menteri Ketenagakerjaan Nomor 203 Tahun 2023 tentang pedoman pemberian penghargaan kepada perusahaan terbaik pada tahun ini.

Halaman Selanjutnya
Halaman Selanjutnya