Geger Kuburan Pengorbanan Hewan Ditemukan, Ada Kuda dan Anjing

Kuburan pengorbanan hewan.
Sumber :
  • Istimewa

VIVA Tekno – Belum lama ini sebuah situs pengorbanan hewan dalam skala besar ditemukan. Para arkeolog menemukannya di situs Zaman Besi, Casas del Turuñuelo.

Ahli Spritual Ini, Mengaku Lihat Ada Kiriman Santet ke Stevie Agnecya

Dilansir dari EurekAlert, Jumat, 1 Desember 2023, berdasarkan penelitian yang diterbitkan pada 22 November kemarin di Jurnal PLOS ONE, situs ini digunakan berulang kali untuk ritual pengorbanan hewan.

Geger Makam Orang Kaya Ada di Penampungan Air, Kok Bisa

Kuburan Pengorbanan Hewan

Photo :
  • Istimewa

Pada dasarnya, jarang diketahui ada situs arkeologi dengan bukti pengorbanan hewan dalam jumlah besar, yang berasal dari Zaman Besi di wilayah Mediterania.

Misteri Sumber Kekayaan Nabi Sulaiman yang Baru Saja Terkuak

Namun, ada kesenjangan antara informasi yang diberikan oleh sumber tertulis dan catatan arkeologi. Hal ini menyulitkan untuk membangun pemahaman yang jelas tentang praktik tersebut.

Dalam studi ini, para peneliti mempelajari fosil hewan pengorbanan massal yang terpelihara dengan baik dari sebuah bangunan Zaman Besi di barat daya Spanyol.

Para penulis memeriksa dan memberi tanggal pada 6.770 tulang milik 52 hewan kurban yang dikuburkan dalam tiga tahap berurutan.

Hewan yang teridentifikasi sebagian besar adalah kuda dewasa, dan ada jumlah sapi serta babi yang lebih sedikit, juga seekor anjing. Pada dua fase penguburan pertama, sebagian besar kerangka masih lengkap dan tidak diubah.

Namun, pada fase ketiga, kerangka (kecuali equid/kuda) menunjukkan tanda-tanda telah diproses untuk dimakan. Ini artinya ada semacam makanan yang menyertai ritual ini.

Data tersebut menunjukkan bahwa ruang di situs tersebut digunakan berulang kali selama beberapa tahun untuk ritual pengorbanan yang praktik dan tujuannya berbeda-beda.

Kuburan Pengorbanan Hewan

Photo :
  • Istimewa

Studi kasus ini memungkinkan para peneliti untuk menentukan perincian tentang protokol ritual di situs tersebut, termasuk pemilihan hewan dewasa yang disengaja dibandingkan hewan muda serta fungsi dari kebakaran yang dibuktikan dengan adanya sisa-sisa tumbuhan dan hewan yang terbakar.

Casas del Turuñuelo juga memamerkan ciri-ciri unik dibandingkan situs lain, seperti banyaknya kuda yang dikorbankan. Studi ini mendorong upaya untuk mengontekstualisasikan ritual pengorbanan hewan di seluruh Eropa.

"Studi ini menyoroti peran pengorbanan hewan massal dalam konteks masyarakat Eropa pada Zaman Besi," kata para penulis. Investigasi zooarkeologi, taphonomic, dan mikro stratigrafi menyoroti praktik pengorbanan hewan dan perilaku ritual Tartessian di situs Zaman Besi Casas del Turuñuelo (Badajoz, Spanyol)

Halaman Selanjutnya
Halaman Selanjutnya