Geger Penemuan Jasad Manusia Raksasa, Begini Penampakannya

Ilustrasi kuburan.
Sumber :
  • wikimedia.org

Swedia – Sejumlah arkeolog di Swedia menemukan sebuah makam kuno dari era pertengahan yang berisi jasad manusia raksasa karena memiliki postur tubuh yang sangat tinggi untuk zamannya.

Jasad Pria Ditemukan di Gunung Galunggung Tasikmalaya

Pedang yang ditemukan di makam tersebut juga memiliki panjang yang luar biasa. Para ahli menduga bahwa individu ini mungkin merupakan seorang bangsawan.

Kasus Temuan Mayat Bayi Tanah Abang, Polisi Tangkap Orang Tua

Penemuan Jasad Manusia Raksasa

Photo :
  • Istimewa

Dilansir dari Live Science, Senin, 15 Januari 2024, panjang pedang yang ditemukan mencapai 1,3 meter, sementara tinggi jenazah mencapai 1,9 meter. Tinggi ini jauh di atas rata-rata tinggi manusia pada abad ke-16 di Swedia, yang hanya sekitar 1,65 meter.

Jasad Ibu dan Dua Anak Korban Longsor di Garut Ditemukan

Arkeolog menemukannya saat penggalian di tengah Kota Halsmtad, wilayah Swedia yang berada di dekat Denmark. Kuburan itu adalah temuan paling menonjol di situs itu, yang diperkirakan aktif dari tahun 1494 sampai 1531.

Dari 49 kuburan kuno yang ditemukan, hanya satu kuburan ini yang ada bendanya, yaitu pedang tersebut, kemungkinan karena dia termasuk orang dari kelas atas.

Arkeolog memperkirakan manusia 'raksasa' ini adalah orang kaya yang mendukung Kalmar Union di mana saat itu, Swedia, Denmark dan Norwegia bersatu dan dipimpin oleh seorang raja.

Penemuan Jasad Manusia Raksasa

Photo :
  • Istimewa

"Kami punya hipotesis bahwa dia adalah bagian dari Kaum Bangsawan dalam Kalmar Union, dan mungkin saja dia punya tanah di Swedia maupun Denmark. Orang seperti ini menjadi sangat-sangat kuat," kata Johan Klange, arkeolog di Halland Cultural Environment.

Kuburan itu berada di dekat gereja, bersama dengan kuburan dua orang lain, pria dan wanita. Diduga, ketiganya sama-sama adalah kaum bangsawan yang hidup di sana pada zaman tersebut. Mereka akan diuji DNA-nya untuk menentukan apakah ada hubungan keluarga atau tidak.

Halaman Selanjutnya
Halaman Selanjutnya