Studi Terbaru Menyebutkan 1 Hari Akan Berlangsung 25 Jam

Planet Bumi.
Sumber :
  • Spacenews

VIVA Tekno – Peneliti geologi dan astronomi menemukan di masa depan, waktu satu hari di Bumi akan semakin bertambah, bukan lagi 24 jam tapi menjadi 25 jam.

Keberadaan Astronot Terancam, Hal Mengerikan Ini Muncul di Luar Angkasa

Dilansir dari Popular Mechanics, Jumat 1 Desember 2023. Ilmuwan dari Universitas Teknik Munich telah melakukan beberapa penelitian yang sedemikian rupa dengan menggunakan 'Laser Cincin' untuk mengukur panjang bumi secara akurat.

Kapan Bumi Kiamat?

Planet Mars dan Bumi.

Photo :
  • Tech Explorist

Dengan metode itu, peneliti mengatakan sekitar 1,4 miliar tahun lalu, waktu satu hari di Bumi berlangsung 18 jam. Saat itu, Bulan lebih dekat dengan Bumi sehingga mengubah cara planet berputar pada porosnya.

NASA Sebut Ada Lebih dari 5.000 Planet di Luar Tata Surya, Begini Penjelasannya

Namun, saat ini, perhitungan menunjukkan Bulan semakin menjauh dari Bumi dengan laju 3,82 sentimeter per tahun. Bulan rata-rata mengorbit Bumi pada jarak 384 ribu kilometer.

Dengan pola seperti itu maka tim menyimpulkan butuh waktu 200 juta tahun, sehingga terjadi penambahan satu jam untuk satu hari di Bumi. Maka 200 juta tahun nanti, satu hari bukan lagi 24 jam tapi 25 jam.

Sementara menurut Profesor Sanit Geologi Universitas Wisconsin Madison, Stephen Meyer menuturkan dalam setiap abad bakal terjadinya penambahan waktu 2 detik di bumi.

Wajah Planet Mars (kiri) dan Bumi.

Photo :
  • Astrobiology Magazine

Dengan pola seperti itu, tim menyimpulkan butuh waktu 200 juta tahun, sehingga terjadi penambahan satu jam untuk satu hari di Bumi. Maka 200 juta tahun nanti, satu hari bukan lagi 24 jam tapi 25 jam.

Halaman Selanjutnya
Halaman Selanjutnya