Jokowi Tawarkan CEO Microsoft Bangun Pusat Riset Teknologi di IKN

Presiden Jokowi menerima CEO Microsoft Satya Nadella di Istana Negara, Jakarta Pusat, Selasa, 30 April 2024.
Sumber :
  • Biro Pers Sekretariat Presiden

Jakarta – Presiden Joko Widodo (Jokowi) telah menerima CEO Microsoft, Satya Nadella di Istana Kepresidenan Jakarta pada Selasa, 30 April 2024. Pada kesempatan itu, Jokowi mengajak CEO Microsoft untuk mengembangkan investasi bidang teknologi khususnya artificial intelligence dan membangun pusat riset, salah satunya di Ibu Kota Negara (IKN) Nusantara, Kalimantan Timur.

Gara-gara Tiket Pesawat Mahal, 20% Pekerja di IKN Belum Balik Usai Mudik Lebaran

Menteri Komunikasi dan Informatika, Budi Arie Setiadi mengatakan bahwa Microsoft memiliki pusat penelitian dan pengembangan Asia-Pasifik, yang diharapkan dapat dibangun juga di Indonesia. Hal tersebut diharapkan dapat mendukung pemerintah Indonesia dalam membangun smart city di Ibu Kota Nusantara (IKN).

"Microsoft punya Asia Pacific Research and Development Center. Pak Presiden meminta agar salah satunya dibangun di Indonesia, tempatnya terserah, ada beberapa daerah, termasuk di IKN, Bali, tawarannya itu," kata Budi Arie di Kompleks Istana Kepresidenan.

Data Center Summit 2024 Soroti Penggunaan Sumber Energi Berkelanjutan

Selain itu, kata dia, Satya juga menyampaikan kepada Presiden Jokowi bahwa Microsoft akan berinvestasi signifikan di Indonesia selama empat tahun ke depan dalam infrastruktur kecerdasan artifisial (AI) dan komputasi awan, serta kesempatan pelatihan AI untuk 840.000 orang.

Menurut dia, Satya telah bicara dengan Presiden Jokowi mengenai pengembangan sumber daya manusia dan membangun pusat riset bersama antara Microsoft dan Pemerintah Indonesia, terutama pembentukan digital talent dalam bidang AI.

PDIP Tak Undang Jokowi di Rakernas, Pengamat: Wajar Kalau Megawati Sangat Marah

"Tadi juga bicara mengenai pengembangan teknologi soal _agriculture_, pertanian, perikanan yang membutuhkan pengembangan teknologi khususnya AI. Kita yakin dengan penggabungan teknologi dan kekuatan Indonesia kita bisa menjadi negara maju. (Pesan Presiden Jokowi) Pokoknya dukung agar kerja sama Indonesia dan Microsoft berjalan terus," jelas dia.
Sementara Presiden Direktur Microsoft Indonesia, Dharma Simorangkir mengataka CEO Microsoft Satya Nadella sudah bertemu dengan Presiden Jokowi dengan menyampaikan komitmennya terhadap pengembangan bisnis Microsoft dan investasi teknologi di Indonesia. 

"Nanti akan diumumkan di JCC, kami undang untuk datang langsung dan dengar dari pak Satya Nadella. Untuk pengembangan, nanti juga dari Pak Presiden ingin ada pengembangan riset yang akan kami tindaklanjuti," pungkasnya.

Presiden Jokowi saat meresmikan Bendungan Ameroro di Kabupaten Konawe, Sulawesi Tenggara

Jokowi Pede Bendungan Ameroro Mampu Atasi Banjir dan Krisis Air di Konawe

Presiden Joko Widodo (Jokowi) menekankan pentingnya pencegahan banjir dan terjadinya krisis air.

img_title
VIVA.co.id
17 Mei 2024