Sekali Angkut, MRT Jakarta Bisa Bawa 1.800 Penumpang

Kereta MRT berada di Depo Lebak Bulus
Sumber :
  • Instagram.com/@mrtjkt

VIVA – Gubernur DKI Jakarta, Anies Rasyid Baswedan mengatakan, satu rangkaian kereta Mass Rapid Transit atau MRT Jakarta bisa mengangkut hingga ribuan orang dalam sekali jalan.

Heru Budi Apresiasi Kerja Sama Proyek MRT dengan Jepang, Nilainya Rp11 Triliun

"Laporan Pak William tadi (Direktur MRT Jakarta), ada kursi 50 dan bisa memuat 250 dengan 150 orang berdiri. Tetapi, kalau mau dipadatkan bisa sampai 300 orang per kereta, jadi sekali jalan satu rangkaian bisa 1.800 orang," ujar Anies di Depo MRT Lebak Bulus, Jakarta, Kamis 12 April 2018.

Tentunya, Anies berharap, penumpang yang akan naik kereta MRT Jakarta ini setiap hari akan mendapatkan kesempatan untuk dilatih disiplin, tepat waktu, bersih, antre, dan Insya Allah menghasilkan budaya baru.

Pemprov DKI Jakarta Dukung Kerja Sama Proyek MRT Berkonsep TOD dengan Jepang

"Sekaligus, MRT ini juga adalah melting spot setiap hari akan naik di atas kereta ini satu gerbong bisa 300 orang, dengan berbagai macam pekerjaan dari mulai mereka yang posisinya top di perusahaan sampai pekerja support di kantornya," katanya.

Wali Kota Berharap Proyek MRT 'Beneran' Sampai Tangsel: Itu Kita yang Usul

Untuk itu, Anies menginginkan, Jakarta ini sebagai kota yang warganya berinteraksi satu sama lainnya. Karena, saat ini mayoritas menggunakan kendaraan pribadi, jalan sendiri-sendiri, tidak berinteraksi satu sama lainnya.

Maka, kata dia, dengan adanya MRT ini menjadi salah satu kendaraan umum massal, di mana masyarakat dari segala strata, segala latar belakang berada di tempat yang sama secara reguler dan ini akan memperkuat interaksi antarwarga dan punya dampak pada terbentuknya Jakarta sebagai kota yang warganya merasa satu kesatuan.

"Saya melihat, MRT lebih dari sekedar alat transportasi. MRT punya peran penting dalam pembentukan budaya dan kebudayaan baru di Ibu Kota Jakarta. Alhamdulillah, hari ini berjalan dengan baik dan insya Allah kita pantau terus," katanya.

Halaman Selanjutnya
Halaman Selanjutnya