Soal Extra Flight Lebaran, Menhub Janji Izin Dipercepat

Ilustrasi mudik Lebaran
Sumber :
  • ANTARA FOTO/Nyoman Budhiana

VIVA – Menteri Perhubungan, Budi Karya Sumadi mengatakan, pihaknya komitmen memberikan izin extra flight dengan cepat, saat penyelenggaraan angkutan Lebaran 2018. Hal ini dilakukan, demi mengatasi lonjakan penumpang di saat musim puncak arus mudik Lebaran.

Lonjakan Kasus COVID-19 Usai Lebaran, Menkes Siapkan Kondisi Terburuk

"Ini yang berlaku itu hukum pasar, yang tahu tentang adanya kenaikan pesanan itu airlines. Berdasarkan pengalaman, satu bulan sebelum Lebaran itu sudah diketahui lonjakan penumpang berapa dan di mana," kata Budi di kantor Kemenhub, Jakarta, Jumat 13 April 2018.

Karena itu, lanjutnya, PT Angkasa Pura I dan PT Angkasa Pura II akan mengatur kemungkinan izin slot penerbangan yang akan diberikan. Dari Kemenhub sendiri, akan memberikan dukungan percepatan pengurusan izin slot penerbangan yang diberikan.

Jelang Lebaran, Ini Pesan Gubernur Jabar untuk Pemudik

"Kemenhub berikan dukungan dengan memberikan izin slot dengan cepat," ujarnya.

Sementara itu, mengenai wacana pemberian insentif kepada airlines atau maskapai penerbangan yang melakukan extra flight atau penerbangan tambahan, pihaknya mendukung dan menganjurkan hal tersebut.

6 Rekomendasi PDPI, Jangan Mudik untuk Tekan Penularan COVID-19

"Berkaitan dengan bonus (ke maskapai karena lakukan extra flight), kami serahkan ke AP I dan II. Kemenhub menganjurkan itu," katanya. (asp)

Juru Bicara Satuan Tugas Penanganan COVID-19, Wiku Adisasmito

Satgas COVID-19: Efek Mudik Lebaran Baru Terlihat 2-3 Minggu Lagi

Efek perkembangan kasus COVID-19 dari libur panjang Idul Fitri dan mudik lebaran baru tampak dua atau tiga minggu kedepan

img_title
VIVA.co.id
18 Mei 2021