Ketahui 10 Tipe Apartemen Sebelum Putuskan Investasi

Ilustrasi apartemen
Sumber :
  • Pixabay

VIVA – Pembangunan properti di Indonesia mengalami peningkatan yang cukup tajam. Hal ini bisa dilihat dari banyaknya jumlah pembangunan apartemen, khususnya di kota-kota metropolitan semisal Jakarta. 

Investasi Properti di Jalur TB Simatupang Bisa Cuan, Ini Faktornya

Apartemen pun hadir dengan tipe yang berbeda-beda sesuai dengan kebutuhan tiap-tiap individu. Dan ,yang paling populer di kalangan anak muda adalah tipe Studio. 

Selain apartemen tipe studio, sebenarnya masih ada tipe lainnya yang jarang diketahui. Dikutip dari Cermati.com, berikut ini adalah tipe-tipe apartemen yang perlu diketahui sebelum mulai berinvestasi.

Berinvestasi di Masa Pandemi, Sektor Ini Malah Kasih Keringanan

1. Apartemen Alcove Studio

Tipe apartemen ini sangat mirip dengan tipe Studio. Perbedaannya hanya terletak pada jumlah sekat di bagian interiornya. 

Tips Jitu Agar Tak Keteteran Bila Punya Pekerjaan Sampingan

Kalau tipe Studio hanya memiliki satu sekat, tipe alcove studio memiliki dua sekat di mana salah satu ruang dalam rumah dipisah dari ruang lainnya. Misalnya, letak kamar mandi yang dipisah dari letak kamar tidur, ruang tamu, dan dapur.

2. Apartemen Convertible Studio

Apartemen tipe ini bentuknya lebih luas dibandingkan tipe studio dan alcove studio. Setiap ruangan pada tipe convertible studio dipisahkan sekat-sekat sehingga tidak ada ruangan multifungsi. Misalnya, sekat kiri untuk dapur, sedangkan kanan untuk kamar tidur. Begitu seterusnya.

3. Apartemen Convertible

Tipe apartemen yang memiliki luas di atas tipe convertible studio. Perbedaan kedua tipe ini terletak pada sekat yang digunakan. Tipe convertible memiliki satu sekat berukuran besar untuk memisahkan dua ruangan sekaligus. Misalnya, ruang tamu dan kamar tidur dipisah sekat dapur dan kamar mandi.

Jumlah muatan pada tipe ini juga lebih banyak. Anda bisa menambahkan playstation, televisi, mesin cuci, ataupun kloset kecil-kecilan

4. Apartemen Loft

Bentuknya menyerupai loteng, karena salah satu bagian dibuat lebih tinggi dibandingkan bagian lainnya. Bagian loteng atau mezzanine banyak digunakan untuk kamar tidur dan ruang kerja. Sementara bagian bawah digunakan untuk ruang tamu dan dapur. 

5. Apartemen satu kamar tidur

Seperti namanya, apartemen tipe ini hanya memiliki satu kamar tidur saja. Meskipun begitu, ukurannya lebih luas dibandingkan tipe studio serta memiliki sekat pemisah antara kamar tidur dengan ruang tamu. 

6. Apartemen dua kamar tidur

Tipe dua bedroom biasanya dibangun di atas lahan seluas 35-45 meter persegi. Apartemen yang memiliki dua kamar ini memiliki banyak sekat pemisah di setiap ruangan sehingga menjadikannya lebih tertata rapi.

Tipe apartemen dua bedroom termasuk tipe favorit para pasangan yang sudah menikah, terutama yang sudah punya momongan.
 
7. Apartemen tiga kamar tidur
 
Merupakan apartemen yang ukurannya jauh lebih luas kalau dibandingkan dengan tipe 1 ataupun 2 bedroom. Lahan yang dibutuhkan untuk membangun apartemen ini juga lebih luas berkisar 85 meter persegi. 

Sekat pemisah antara satu ruangan dengan ruangan lain dibangun sangat luas bahkan sering memiliki area sisa yang cocok digunakan sebagai area bermain bagi anak.

8. Apartemen Duplex dan Triplex

“Duplex” berarti dua tingkat, sedangkan ‘Triplex” berarti tiga tingkat. Apartemen tipe ini memang sangat mirip seperti rumah biasa karena bangunannya yang dibuat bertingkat. Perbedaan tipe Duplex dengan Triplex terletak pada jumlah tingkatan dan susunan bangunan. 

Untuk tipe Duplex, lantai dua digunakan untuk kamar dan ruang kerja. Sementara lantai dua dan tiga pada tipe Triplex digunakan untuk kamar, ruang kerja, ataupun closet. Lantai satu pada kedua tipe ini biasanya digunakan sebagai ruang tamu, dapur, dan ruang keluarga.

9. Apartemen classic six

Apartemen ini hadir dengan 3 kamar, 1 ruang tamu, 1 dapur, 2-3 kamar mandi, dan 1 ruang keluarga. Dinamakan classic six karena bangunan ini berasal dari hasil renovasi bangunan-bangunan tua yang masih kokoh dan kuat. Setiap ruangan yang terdapat pada tipe ini dibatasi sekat-sekat yang membuatnya tertata rapi. 

10. Apartemen garden

Tipe apartemen ini cukup unik dibandingkan tipe apartemen lain karena sudah dilengkapi dengan satu unit taman kecil-kecilan di bagian depan, belakang, maupun basement. 

Tipe ini sangat jarang ditemui di Indonesia karena membutuhkan lahan yang cukup luas. Selain itu, harganya juga cukup mahal karena sudah dilengkapi dengan taman.

Pilih apartemen sesuai selera

Itulah 10 tipe apartemen yang mungkin masih asing di telinga. Pilihlah apartemen sesuai selera sebelum memutuskan untuk membeli. Jadilah pembeli sekaligus investor yang cerdas dengan menyesuaikan kebutuhan dan budget yang dimiliki. (asp)

Halaman Selanjutnya
Halaman Selanjutnya