Begini Bentuk Keramba Apung Offshore Milik Menteri Susi

Keramba Jaring Apung Offshore di Pangandaran, Jawa Barat.
Sumber :
  • instagram @kkpgoid

VIVA – Presiden Joko Widodo dan Menteri Kelautan dan Perikanan. Susi Pudjiastuti pada Selasa 24 April 2018, sempat melakukan peresmian proyek Keramba Jaring Apung atau KJA Offshore di Pangandaran, Jawa Barat.

Jangan Patah Semangat Bisnis Akuakultur, Bisa Coba Cara Ini

Proyek KJA Offshore tersebut adalah bentuk kerja sama Kementerian KKP dengan pemerintah Norwegia. Proyek tersebut dipilih pemerintah, karena melihat dari kemajuan teknologi KJA Offshore yang sudah Norwegia miliki.

Menteri KKP, Susi Pudjiastuti mengungkapkan, dengan proyek KJA Offshore ini pihaknya ingin nelayan di Indonesia tidak hanya menjadi nelayan tangkap saja, melainkan juga dapat melakukan budi daya untuk dapatkan hasil maksimal.

Riset Ungkap Dampak Bantuan Pemerintah ke Sektor Perikanan Tangkap
10 Ribu Pembudidaya Perikanan Dibidik Masuk Ekosistem eFishery 2021

Dikutip dari Instagram @kkpgoid, pada Sabtu 28 April 2018, dijelaskan konsep KJA Offshore adalah yang paling tepat dilakukan di Indonesia. Terlebih, luas wilayah Indonesia terdiri dari 2/3 lautan.

Selain itu, kondisi luasnya wilayah Indonesia, tentunya menjadi peluang yang sangat besar bagi pengembangan budidaya ikan di laut. Apalagi, dengan konsep inovasi teknologi modern di area lepas pantai.

Adapun dari KJA Offshore tersebut, KKP mengatakan dapat membudidayakan Kakap Putih yang dapat diolah menjadi berbagai produk dengan pasar yang lebih luas. Bahkan, produksi diperkirakan dapat mencapai 816 ton per tahun.

Sementara itu, dari KJA Offshore tersebut diperkirakan dapat menyerap tenaga kerja hingga mencapai 200 orang. Selain itu, dapat menguntungkan ekosistem di bawah laut seperti nutrisi untuk teripang, kerang-kerangan, bulu babi, dan nutrisi anorganik rumput laut.

Halaman Selanjutnya
Halaman Selanjutnya