Provinsi Ini Raih Penghargaan Pembangunan Daerah Terbaik

Presiden Joko Widodo saat memberikan piala Pangripta Nusantara 2018.
Sumber :
  • Dok. Bappenas

VIVA – Kementerian Perencanaan Pembangunan Nasional (PPN)/Badan Perencanaan Pembangunan Nasional memberikan penghargaan kepada pemerintah daerah dalam acara Musyawarah Perencanaan dan Pembangunan Nasional (Musrembangnas) 2018.

Bappenas Bantah Rumor Peleburan KPK dengan Ombudsman

Menteri PPN/Kepala Bappenas, Bambang Brodjonegoro, mengungkapkan, penghargaan ini tiap tahunnya digelar dalam acara Musrembangnas, dan untuk tahun ini menjadi berbeda dengan tahun sebelumnya.

Sebab, menurut dia, penilaian penghargaan pada tahun ini tidak hanya mempertimbangkan unsur perencanaan suatu daerah, namun juga pencapaian dari pembangunan daerah.

Kebutuhan Green Job 2030 Diproyeksikan Capai 4,4 Juta, Prakerja Siapkan Pelatihan Green Skills

"Bappenas secara rutin memberikan Anugerah Pangripta Nusantara kepada pemerintah daerah dengan perencanaan pembangunan terbaik. Namun, mulai 2018, penghargaan tersebut berubah nama menjadi Penghargaan Pembangunan Daerah," ujar Bambang dalam acara Musrembangnas 2018, di Jakarta, Senin 30 April 2018.

Bambang mengumumkan, penghargaan pembangunan daerah 2018 diberikan kepada tiga provinsi terbaik, tiga kabupaten terbaik, dan tiga kota terbaik, dengan menggunakan penilaian melalui proses berjenjang dengan melibatkan berbagai pihak, termasuk kalangan profesional, akademisi serta praktisi pembangunan.

Bappenas Bocorkan Asumsi Makro APBN 2025, Pertumbuhan Ekonomi Dipatok 5,6 Persen

Objek dan ruang lingkup penilaiannya mencakup dokumen Rencana Kerja Pembangunan Daerah (RKPD), proses penyusunan RKPD, pencapaian pelaksanaan dokumen RKPD, dan inovasi yang dikembangkan serta penilaian khusus terkait pelaksanaan pembangunan di daerah.

“Penghargaan Pembangunan Daerah adalah bentuk apresiasi atas kerja keras daerah dalam merencanakan dan mencapai target pembangunan. Saya berharap, penghargaan ini mampu mendorong setiap daerah berlomba-lomba menyiapkan dokumen RKPD secara lebih baik, konsisten, komprehensif, terukur, dan dapat dilaksanakan,” ucap Bambang.

Selain itu, penilaian berdasarkan pada tersedianya kerangka ekonomi daerah dan kerangka yang dilengkapi dengan proyeksi serta arah kebijakan, dukungan program prioritas daerah RKPD 2018 terhadap arah kebijakan prioritas nasional RKP 2018.

Lalu, dukungan program prioritas daerah RKPD 2018 terhadap arah kebijakan prioritas nasional RKP 2018, serta tersedianya dukungan program prioritas daerah terhadap arah kebijakan prioritas nasional politik, hukum, pertahanan, dan keamanan.

“Daerah harus mampu memaparkan ketersediaan dukungan program daerah terhadap pengarusutamaan revolusi mental, gender, pembangunan berkelanjutan, perubahan iklim, dan pemerataan antarkelompok pendapatan, adanya kebijakan pembangunan daerah yang menerapkan konsep tematik, holistik, integratif, dan spasial (THIS), tersedianya indikator kinerja sasaran pembangunan daerah dan program prioritas, serta komitmen dalam melaksanakan inovasi penyelesaian tantangan pembangunan spesifik daerah dan inovasi dalam rencana pengelolaan pencapaian/pelaksanaan rencana pembangunan tersebut,” tuturnya.

Adapun peraih penghargaan pembangunan daerah 2018 yakni:

Kategori Perencanaan dan Pencapaian Terbaik Tingkat Provinsi:

1. Provinsi Jawa Timur
2. Provinsi Sumatera Selatan
3. Provinsi Bali

Kategori Perencanaan dan Pencapaian Terbaik Tingkat Kabupaten:

1. Kabupaten Tegal
2. Kabupaten Lombok Utara
3. Kabupaten Banyuwangi

Kategori Perencanaan dan Pencapaian Terbaik Tingkat Kota:

1. Kota Palu
2. Kota Palembang
3. Kota Surakarta

Halaman Selanjutnya
Halaman Selanjutnya