Prabowo Kenang Perjuangan Bersama Ginandjar Kartasasmita Atasi Persoalan Papua

VIVA Militer: Menhan RI Prabowo Subianto
Sumber :
  • Dispenad

Bogor – Calon presiden (Capres) nomor urut 2, Prabowo Subianto menghadiri acara Konsolidasi Posko Pemilih Prabowo-Gibran (Kopi Pagi) yang digelar di Sentul International Convention Center (SICC), Bogor, Sabtu, 16 Desember 2023.

Gibran Bantah Presiden Jokowi Gabung Golkar

Di antara massa Kopi Pagi yang hadir memadati acara tersebut, tampak duduk di barisan paling depan adalah Ginandjar Kartasasmita. Prabowo tak lupa menyapa Ginandjar yang ia sebut sebagai sosok guru dan mentor.

Prabowo lalu bercerita bahwa keduanya sempat berjuang bersama menyelesaikan salah satu isu yang ada di Papua. Saat itu, Prabowo masih aktif sebagai seorang prajurit TNI, sementara Ginandjar menempati jabatan sebagai Menteri Negara Perencanaan Pembangunan Nasional/Kepala Badan Perencanaan Pembangunan Nasional Indonesia (Bappenas).

Gibran Bagi-Bagi 1.100 Sepatu Gratis ke Siswa Miskin di Solo: Ini CSR, Bukan dari Saya

"Kalau saya lihat Pak Ginandjar, saya terkenang masa-masa yang lalu Pak. Kita bersama-sama, berbakti, Bapak sebagai Menteri Bappenas. Saya waktu itu masih aktif di tentara, kita menghadapi masalah di Papua," ungkap Prabowo.

Innalillahi, Prajurit Terbaik TNI Angkatan Darat Meninggal Dunia Tersambar Petir

"Saya datang ke beliau, kalau tidak salah saya membawa hampir 30 kepala suku, karena mereka menyampaikan keluhan-keluhan di sana," sambungnya.

Prabowo paham betul bahwa keluhan dari para kepala suku akan cepat mendapat solusi apabila mereka bertemu dengan pemangku kebijakan (stakeholders) terkait, salah satunya adalah Menteri Bappenas. 

"Saya mengatakan, daripada Anda mengeluh ke saya, saya bawa kepala suku ke Jakarta biar mengeluh langsung kepada menteri senior, Kepala Bappenas pada saat itu," kata Prabowo.

Dalam pertemuan itu, Prabowo mengungkap bahwa Ginandjar menyimak dan mendengarkan apa yang menjadi keluhan para kepala suku. Setelahnya, Ginandjar membuat sejumlah keputusan yang disebut Prabowo dapat menciptakan stabilitas.

"Saya bawa mereka di Bappenas, Pak Ginandjar mendengarkan dan beliau langsung mengambil keputusan-keputusan. Beliau menggerakkan perusahaan Freeport, akhirnya permintaan-permintaan kepala suku segera dipenuhi dan akhirnya kita bisa mendapat suatu keadaan stabilitas yang luar biasa," jelasnya.

Prabowo Subianto di acara Konsolidasi Posko Pemilih Prabowo-Gibran (Kopi Pagi)

Photo :
  • Istimewa

Dengan pengalaman tersebut, Prabowo bisa melihat bahwa Ginandjar Kartasasmita merupakan sosok yang memiliki jiwa kepemimpinan dan manajerial yang baik. Prabowo pun mengaku bisa belajar banyak dari sosok Ginandjar.

"Inilah sosok Pak Ginandjar, harus saya sampaikan di sini, mungkin banyak orang lupa, tapi beliaulah salah seorang yang mempunyai leadership dan kemampuan manajemen yang luar biasa, makanya saya menganggap bahwa saya harus banyak belajar leadership dan manajerial dari beliau," pungkas Prabowo.

Ginandjar Kartasasmita merupakan seorang politikus yang sudah malang melintang di kabinet/pemerintahan. Ia pernah menjabat sebagai Menteri Pertambangan dan Energi pada tahun 1988-1993; Menteri Negara Perencanaan Pembangunan Nasional Indonesia di tahun 1993-1998; serta Menteri Koordinator Ekonomi, Keuangan, dan Industri Indonesia di tahun 1998. Ginandjar juga sempat menjadi anggota Dewan Pertimbangan Presiden pada tahun 2010-2014.

Halaman Selanjutnya
Halaman Selanjutnya