Survei BI: Optimisme Konsumen Semakin Menguat

Logo Bank Indonesia di Jakarta
Sumber :
  • REUTERS/Fatima El-Kareem

VIVA - Bank Indonesia mencatat berdasarkan survei konsumen yang dilakukan pada April 2018 menunjukkan optimisme yang menguat dibandingkan dengan periode sebelumnya. Hal itu tercermin dari Indeks Keyakinan Konsumen (IKK) April 2018 yang meningkat 0,6 poin dari bulan sebelumnya menjadi 122,2.

BI Fast Payment, Jawaban untuk Kebutuhan Transaksi Murah

Dalam keterangan resminya, BI mengungkapkan peningkatan optimisme konsumen tersebut didorong oleh membaiknya ekspektasi konsumen terhadap kondisi ekonomi ke depan dan terjaganya persepsi konsumen terhadap kondisi ekonomi saat ini.

"Kenaikan Indeks Ekspektasi Kondisi Ekonomi (IEK) terutama ditopang oleh meningkatnya ekspektasi kegiatan dunia usaha 6 bulan yang akan datang," tulis keterangan BI, Jumat, 4 April 2018.

Cadangan Devisa RI Februari 2022 Naik Tipis, Ini Pendorongnya

Sementara itu, untuk Indeks Kondisi Ekonomi Saat Ini (IKE) tercatat stabil didukung membaiknya penghasilan konsumen saat ini dan tetap kuatnya pembelian barang tahan lama.

Hasil survei juga mengindikasikan menurunnya tekanan harga 3 bulan mendatang, yakni hingga Juli 2018. Hal ini tercermin dari Indeks Ekspektasi Harga (IEH) 3 bulan mendatang sebesar 183,6, lebih rendah dibandingkan dengan bulan sebelumnya yang mencapai 184,4.

BI Terbitkan Aturan Ketentuan Intensif untuk Perbankan

"Ekspektasi menurunnya tekanan harga tersebut terutama dipengaruhi oleh kembali normalnya permintaan barang dan jasa pasca Idul Fitri," katanya.

Ilustrasi dolar AS

Utang Luar Negeri Indonesia Turun Jadi US$413,6 Miliar

Angka utang luar negeri tersebut turun dibandingkan dengan bulan sebelumnya yang sebesar US$415,3 miliar.

img_title
VIVA.co.id
15 Maret 2022