Satgas Pangan Peringatkan Pelaku Usaha Tak Mainkan Harga

Kadiv Humas Polri, Irjen Pol Setyo Wasisto memberikan keterangan pers
Sumber :
  • ANTARA FOTO/Hafidz Mubarok A

VIVA – Kepala Satuan Tugas (Satgas) Pangan Polri Inspektur Jenderal Polisi Setyo Wasisto mengatakan, pemerintah bersama satgas pangan memastikan pasokan bahan pangan selama bulan puasa lancar, sehingga tak ada lonjakan harga.

Kembangkan Produk Urea dan Amonia, Pupuk Indonesia Gandeng BUMN Brunei BFI

Namun, ia menegaskan, jangan ada pihak-pihak termasuk pelaku usaha yang coba-coba untuk memainkan harga.

"Menghadapi hari besar keagamaan nasional khususnya Satgas Pangan memberikan warning para pelaku usaha agar tidak memainkan harga. Saya berharap tidak seperti itu. Produsen dapat hasil bagus, rantai tak panjang dan masyarakat bisa menikmati," kata Setyo, di Jakarta, Kamis 17 Mei 2018.

Daftar Harga Pangan 23 April 2024: Daging Sapi hingga Telur Ayam Turun

Pedagang sayur menyortir cabai di Pasar Induk Rau, Serang, Banten

Jenderal bintang dua itu pun meminta Satgas Pangan Daerah lebih aktif mengecek harga maupun pasokan pangan di pasar. Pengecekan juga berlaku di tempat-tempat yang biasa dipakai pedagang menyimpan stok bahan pangan. Langkah ini diambil untuk mencegah penimbunan.

Luhut Ungkap Rencana China Tanam Ratusan Hektare Padi di Kalimantan

Selain itu, ia meminta pengecekan yang dilakukan oleh Satgas Pangan di seluruh daerah dengan cara elegen, persuasif dan tak menimbulkan kegaduhan.

"Saya minta satgas daerah lebih aktif turun ke pasar dan yang diduga gudang-gudang pangan dengan cara yang elegan, soft approach, tidak menakuti. Kalau ada pelanggaran, kami akan lihat pelanggarannya sejauh apa, karena kami tidak mau penindakan menimbulkan kegaduhan," kata Setyo.

Ilustrasi harga pangan.

Daftar Harga Pangan 25 April 2024: Bawang Merah hingga Daging Sapi Naik

Harga komoditas pangan beberapa masih mengalami kenaikan. Hal itu terjadi pada bawang merah, cabai merah keriting, daging sapi, dan gula konsumsi.

img_title
VIVA.co.id
25 April 2024