Harga Pangan Naik Gegara Perang Israel Vs Iran?

Harga komoditas pangan stabil
Sumber :
  • ANTARA FOTO/Sigid Kurniawan

Jakarta – Menteri Koordinator Bidang Perekonomian, Airlangga Hartarto menyebut, harga pangan saat ini memang sedang bergejolak. Namun, hal itu ditegaskannya bukan disebabkan oleh konflik Israel-Iran melainkan fenomena El Nino.

Mobil Sport Listrik Ini Akhirnya Bisa Dipesan, Harga Rp1,1 Miliar

Airlangga mengatakan, inflasi Indonesia saat ini relatif terkendali di tengah memanasnya konflik di Timur Tengah. Dia menyebut, Indonesia berpengalaman dalam mengendalikan inflasi saat konflik Ukraina dan Rusia.

"Inflasi saat konflik Ukraina keseluruhan masih terkendali, tertinggi di 5,95 persen. Namun, sekarang sudah masuk dalam range 1,5-3,5 persen," kata Airlangga dalam konferensi pers di Kantornya, Jakarta Kamis, 18 April 2024.

Tak Ciut dengan Gempuran AS, Houthi Mengganas Beri Perlawanan Sengit

Beras Stabilitas Pasokan Harga Pangan (SPHP)

Photo :
  • VIVA.co.id/Anisa Aulia

Dia mengakui bahwa saat ini harga pangan sedang bergejolak. Namun, dia menegaskan bahwa hal itu bukan dipicu oleh Israel-Iran, melainkan efek dari fenomena El Nino.

Jenderal Pengkhianat Iran Mata-mata CIA Masih Berkeliaran Meski Diklaim Sudah Dieksekusi

"Memang yang bergejolak pangan tapi karena El Nino di bulan Juli sampai dengan Februari Maret ini," jelasnya.

Menteri Koordinator Bidang Perekonomian, Airlangga Hartarto dan Wakil Menteri Keuangan, Suahasil Nazara

Photo :
  • VIVA.co.id/Anisa Aulia

Dia menjelaskan, pasca-Lebaran Idul Fitri harga beras dan minyak goreng sudah mulai melandai. Begitu juga harga komoditas cabai rawit dan cabai merah. 

"Kita liat pasca-Lebaran harga beras maupun minyak goreng sudah mulai flatten, demikian cabai rawit dan cabai merah. Jadi ini inflasi yang tidak tergantung konflik Timur Tengah, ini faktor dalam negeri dan pengaruh El Nino kemarin," terangnya.

Halaman Selanjutnya
Halaman Selanjutnya