Lebaran 2018, BI Siapkan Tambahan Uang Tunai Rp188 Triliun

uang tunai.
Sumber :
  • ANTARA FOTO/Moch Asim

VIVA – Bank Indonesia menyiapkan tambahan uang tunai pada musim libur Lebaran tahun ini. Melalui upaya itu, diharapkan kebutuhan masyarakat akan uang kartal dapat terpenuhi.

BI Fast Payment, Jawaban untuk Kebutuhan Transaksi Murah

"Tahun ini kami sediakan Rp188,2 triliun," kata Deputi Gubernur Bank Indonesia, Rosmaya Hadi ditemui usai rapat di Komisi XI DPR RI, Jakarta Selasa 22 Mei 2018. 

Dia pun mengatakan, penambahan jumlah uang tunai itu dilakukan karena melonjaknya permintaan uang tunai saat Lebaran. Angka ini lebih besar dibanding tambahan pasokan uang tunai pada Lebaran 2017 yang sebesar Rp167 triliun. 

Cadangan Devisa RI Februari 2022 Naik Tipis, Ini Pendorongnya

"Karena libur Lebaran juga dan kami dalam kondisi siaga. Memang minggu ini enggak banyak penarikan ya, tapi kami siaga saja," tuturnya. 

Dia melanjutkan, meski saat ini sedang gembor-gembornya Gerakan Nasional Non Tunai (GNNT), masyarakat Indonesia saat menyambut Lebaran tentu membutuhkan banyak uang tunai untuk berbagai kebutuhan. 

BI Terbitkan Aturan Ketentuan Intensif untuk Perbankan

"Kami selalu siapkan uang tunai, sekarang kembali ke culture Indonesia ya, meski ada Gerakan Nasional Non Tunai tapi lebih suka pegang uang tunai," ujarnya.

Ilustrasi dolar AS

Utang Luar Negeri Indonesia Turun Jadi US$413,6 Miliar

Angka utang luar negeri tersebut turun dibandingkan dengan bulan sebelumnya yang sebesar US$415,3 miliar.

img_title
VIVA.co.id
15 Maret 2022