Dana Terbatas tapi Kebelet Nikah, Ini Tips Cerdasnya

Ilustrasi pernikahan outdoor di pantai
Sumber :

VIVA – Menikah menjadi momen istimewa bagi setiap pasangan, inilah mengapa hampir setiap pasangan selalu mengupayakan agar pernikahan berkesan dan penuh kenangan. Namun, pernikahan yang istimewa ini kerap identik dengan sejumlah biaya yang cukup besar.

Calon Pengantin Wajib Tahu 5 Pedoman Sebelum Menikah

Biaya yang besar ini, bahkan sering menjadi alasan mengapa pasangan yang ingin menikah harus menabung cukup lama terlebih dahulu. Ada banyak keperluan yang harus dipenuhi, biayanya, bahkan bisa saja berpuluh kali gaji pasangan yang akan menikah.

Sementara itu, di lain sisi, setelah pernikahan nanti, pasangan ini juga akan membutuhkan berbagai keperluan rumah tangga yang tak kalah pentingnya. Jika melihat kenyataan di atas, menghemat biaya pernikahan tentu akan menjadi pilihan yang tepat, bukan?

Tips Jitu Agar Tak Keteteran Bila Punya Pekerjaan Sampingan

Menggelar pernikahan yang sederhana dengan budget yang hemat, merupakan pilihan sebagian pasangan. Meski sederhana, pesta pernikahan juga bisa saja tetap berkesan, jika direncanakan dengan baik sejak awal.

Simak enam langkah cerdas berikut ini, yang dapat dilakukan untuk menghemat biaya pernikahan, seperti dikutip dari Cermati.com, pada Jumat 25 Mei 2018:

Delapan Pekerjaan yang Bakal Digantikan Robot di Masa Depan

1. Pilih undangan yang sederhana

Biaya undangan menjadi salah satu keperluan yang bisa dihemat dengan baik. Undangan ini hanya bersifat sekali pakai saja dan setelah pernikahan bahkan akan dibuang oleh mereka yang menerimanya.

Jika ingin menghemat biaya pernikahan, memilih undangan yang sederhana adalah langkah yang tepat. Cobalah untuk mencari undangan yang unik namun harganya terjangkau, sehingga tidak terkesan asal-asalan dan murahan.

Agar lebih hemat, kirimkan saja undangan hanya untuk kolega dan kerabat yang sulit ditemui saja. Sedangkan untuk teman dan kerabat dekat, menyampaikan undangan secara langsung adalah pilihan terbaik.

2. Seserahan simpel yang bermanfaat

Jika menggunakan tradisi seserahan dalam pernikahan, upayakan untuk mempersiapkan barang-barang yang tepat. Pilihlah barang-barang yang benar-benar bermanfaat dan pastinya akan digunakan dengan baik.

Hal ini bukan hanya menghemat biaya, namun juga akan membuat barang-barang tersebut tidak mubazir dan hanya jadi pajangan semata.

3. Pesta sederhana di rumah saja

Biaya sewa gedung menjadi salah satu komponen terbesar di dalam biaya pernikahan dan tentunya akan menyedot banyak pengeluaran. Daripada membayar biaya sewa yang mahal, mengadakan pesta pernikahan di rumah sendiri adalah pilihan yang tepat.

Selain lebih hemat, pesta pernikahan juga bisa lebih terasa hangat dan lebih kental dengan kesan kekeluargaan.

4. Suvenir unik dan terjangkau

Jika berniat memberi suvenir pernikahan bagi tamu yang datang, hindari untuk memilih suvenir yang tidak bermanfaat baik. Selain memboroskan uang, suvenir seperti ini hanya akan menjadi sesuatu yang tidak terpakai.

Bila ingin unik dan bermanfaat, pilihlah suvenir yang tepat, misalnya: satu pot tanaman hias, kaktus yang lucu, atau yang lainnya. Selain itu, harga suvenir seperti ini juga biasanya lebih terjangkau.

5. Destinasi bulan madu yang tepat

Bulan madu setelah menikah? Ini hal yang penting untuk direncanakan dengan baik. Agar biaya bulan madu lebih hemat, maka memilih destinasi yang dekat adalah salah satu langkah cerdas.

Tidak perlu ke luar negeri dan menghabiskan banyak uang, berbulan madu di dalam negeri juga bisa saja berkesan. Pilih destinasi bulan madu terbaik dan siapkan budget-nya sejak awal. Jangan lupa untuk mencari tiket promo atau bahkan paket bulan madu yang murah, agar biayanya bisa ditekan.

6. Libatkan keluarga dan para sahabat

Jika ingin menghemat lebih banyak biaya pernikahan, melibatkan anggota keluarga dan para sahabat adalah pilihan yang tepat. Mintalah ide atau bahkan bantuan tenaga dari mereka, sehingga rencana pernikahan bisa direalisasikan dengan baik, tentunya dengan biaya yang hemat. (asp)

Halaman Selanjutnya
Halaman Selanjutnya