Tekan Harga, Ayam Beku Mulai Dikirim ke Pasar Jelang Lebaran

Ilustrasi pasar modern.
Sumber :
  • Dokumentasi Pasar Modern BSD.

VIVA – Ratusan ribu ekor daging ayam beku disediakan di Kota Bandung, untuk menekan kenaikan harga saat Ramadan dan libur panjang Idul Fitri 1439 H. Tercatat, harga daging ayam di Kota Bandung, naik mencapai Rp42 ribu per kilogram.

Daftar Harga Pangan 3 Mei 2024: Cabai Merah, Gula hingga Daging Sapi Naik

Pjs Wali Kota Bandung, Muhamad Solihin menjelaskan, ayam beku ini didistribusikan sebanyak 300 ribu ekor per hari untuk 37 pasar di Kota Bandung.

"Dengan launching sekarang, semuanya bisa terkendali dan terpenuhi sampai ke konsumen Rp33 ribu. Jadi, tidak ada lagi yang bervariasi harga ayam," ujar Solihin di Bandung, Rabu 30 Mei 2018.

Resep Gampang Masak Nugget Ayam di Rumah, Dijamin Anak Pasti Suka

Daging ayam.

Menurutnya, dengan penambahan distribusi ini, harga daging ayam Rp33 ribu per kilogram stabil sampai Lebaran. "Maksimal harga diharapkan Rp33 ribu per kilogram, walaupun sekarang masih di atas Rp33 ribu," katanya.

Daftar Harga Pangan 5 April 2024: Cabai dan Telur Ayam Naik Jelang Lebaran

Solihin menambahkan, penambahan ketersediaan pangan ayam ini sekaligus memastikan ketersediaan daging aman sampai Lebaran. "Jangan sampai, masyarakat bingung mencari ayam dan tidak ada lagi spekulan yang menerapkan harga tinggi," katanya.

Tidak hanya itu, lanjut Solihin, kualitas daging beku dipastikan terjamin dengan kehalalan dan keamanannya. Menurutnya, pemasok daging beku, yaitu PT Etanee mendistribusikan pangan dari ayam-ayam pilihan.

"Dinas Indag sudah lihat ke sana setiap dilakukan pemotongan," tambahnya.

Halaman Selanjutnya
Halaman Selanjutnya