Waspada Daerah-daerah Rawan Longsor Ini Saat Mudik Lebaran

Jalur Mudik Alternatif Pantai Selatan
Sumber :
  • ANTARA FOTO/Hafidz Mubarok

VIVA – Kepala Biro Komunikasi Publik Setjen Kementerian Pekerjaan Umum dan Perumahan Rakyat (PUPR), Endra Saleh Atmawidjaja menyebutkan sejumlah titik rawan longsor yang harus diwaspadai pemudik. Ia mengatakan wilayah selatan yang paling rentan longsor.

Sri Mulyani Ungkap 'Kontraksi Dalam' Belanja Modal Januari 2022

"Hampir seluruh wilayah selatan rentan longsor. Terutama bagian timur, Pacitan, Ponorogo, Gunung Agung, Trenggalek, daerah longsor semua," kata Endra dalam diskusi di Jakarta, Sabtu 2 Juni 2018.

Ia melanjutkan, di Jawa Barat, daerah rawan longsor di antaranya Sukabumi dan Bandung Selatan. Lalu, di Jawa Tengah ada Banjar Negara, Temanggung, dan Wonosobo.

Daftar 12 Ruas Jalan Tol Baru yang Diresmikan 2021

"Kami siapkan tim di titik-titik rawan longsor. Kami katakan ada 80-an posko. Itu kami kerahkan karyawan PUPR selama libur. Kalau ada longsor kami bersihkan supaya enggak ganggu kelancaran lalu lintas," tuturnya.

Ia menambahkan, saat ini kesiapan jalan sudah 90 persen. Sisanya masih terdapat ruas jalan yang dianggap belum sempurna.

Sambungkan Jabar dan Jateng, Tol Getaci Telan Dana Rp56 Triliun

"Misalnya ada lubang, rawan longsor. Dalam beberapa waktu tersisa kami pastikan lubang-lubang tak ada lagi. Kami sapu seluruh lubang. Kami siapkan posko siaga bencana hampir 80 titik di Jawa, Sumatera, dan berbagai provinsi," ungkapnya.

Pengguna jalan tol melintas di samping gardu tol yang melayani pengisian ulang e-Money Mandiri di Gerbang Tol Cililitan, Jakarta, Selasa, 10 Februari 2017.

Siap-siap Tarif Tol Dalam Kota Resmi Naik Besok, Ini Rinciannya

Tarif tol dalam kota akan naik sebesar Rp500 pada Sabtu 26 Februari 2022 pukul 00.00 WIB pada semua golongan kendaraan.

img_title
VIVA.co.id
25 Februari 2022