YLKI: Diskon Tarif Tol Jebakan Batman bagi Pemudik

Diskon tarif tol selama musim arus mudik 2018.
Sumber :
  • VIVA/Foe Peace Simbolon

VIVA – Yayasan Lembaga Konsumen Indonesia (YLKI) menilai, fenomena kemacetan di jalan tol akan makin parah tahun ini. Apalagi, pemerintah memberikan diskon tarif tol selama arus mudik Idul Fitri 2018. 

Ini Rincian Tarif Jalan Tol Trans Sumatera pada Mudik Lebaran 2023

Pemerintah mengasumsikan diskon tarif tol untuk mengurangi beban trafik di jalan arteri, dan berpindah ke jalan tol. Artinya masyarakat bermigrasi dari jalan arteri ke jalan tol.

Ketua Pengurus Harian YLKI, Tulus Abadi, mengatakan, mudik Lebaran kali ini volume trafik akan membanjiri jalan tol karena dua hal. Yakni tersambungnya ruas jalan Tol Trans Jawa, dari Merak sampai Surabaya. Dan kedua, adanya diskon tarif tol. 

Mulai Operasi, Jalan Tol Cimanggis-Cibitung Gratis Dua Pekan

Jadi sesungguhnya, diskon tarif tol itu bukanlah insentif bagi konsumen, tetapi merupakan disinsentif. Karena akan menciptakan kemacetan yang lebih parah di jalan tol. 

"Alias, diskon tarif tol adalah jebakan Batman bagi konsumen pemudik," kata Tulus Abadi dalam keterangan tertulis yang diterima VIVA di Jakarta, Sabtu, 2 Juni 2018. 

Mengintip Empat Ruas Tol yang Bakal Dijual Waskita pada 2020

Ia menjelaskan, diskon tarif tol bisa juga dimaknai sebagai upaya pemerintah mempromosikan ruas tol baru pada masyarakat dan bahkan merupakan bentuk "konspirasi" pemerintah dengan pengelola jalan tol.

Dengan fenomena itu, pada akhirnya kepolisian, Kementerian Perhubungan, dan pemerintah daerah harus bekerja ekstra keras untuk melakukan rekayasa lalu lintas yang lebih kreatif dan cerdas. 

"Jangan sampai tersambungnya ruas tol Trans Jawa dan diskon tarif tol pada arus mudik 2018 justru menjadi bencana lalu lintas bagi arus mudik," katanya. 

Rekayasa lalu lintas yang paling konkret dan komprehensif adalah menambah kapasitas angkutan umum. Termasuk kapasitas angkutan umum di daerah. Bukan memberikan diskon jalan tol bagi pemudik.

Sebelumnya, PT Jasa Marga Tbk memberikan potongan harga atau diskon tarif tol pada seluruh ruas tol yang dikelola oleh perseroan maupun kelompok usahanya di seluruh Indonesia. Upaya itu berlaku di beberapa hari saat pelaksanaan arus mudik dan balik Lebaran 2018 atau Idul Fitri 1439 Hijriah.

Diskon tarif tol yang diberikan oleh Jasa Marga pada Lebaran kali ini adalah sebesar 10 persen. Pada periode arus mudik Lebaran 2018, diskon ini akan berlaku pada 13 Juni 2018 (shift 1) sampai dengan 14 Juni 2018 (shift 3).

Sementara itu, pada periode arus balik Lebaran 2018, yaitu pada 18 Juni 2018 (shift 1) sampai dengan 19 Juni 2018 (shift 3).

Halaman Selanjutnya
Halaman Selanjutnya