Menkeu Sri Tegaskan Anggaran THR PNS Tak Bebankan Daerah

Menteri Keuangan, Sri Mulyani memberikan keterangan pers kinerja APBN 2018
Sumber :
  • ANTARA FOTO/Sigid Kurniawan

VIVA – Menteri Keuangan Sri Mulyani memberi penjelasan, soal keputusan pemerintah pusat memberikan tunjangan hari raya (THR) Pegawai Negeri Sipil, TNI dan Polri serta pensiunan, yang diumumkan Presiden Joko Widodo beberapa waktu lalu.

Aturan Baru PNS Soal Ketentuan Masuk Kerja hingga Hukuman Berat

Banyak yang mencibir, justru THR itu dibebankan kepada daerah. Sehingga dianggap, pengumuman oleh Presiden itu hanya pencitraan semata.

"Mengenai penganggaranya, itu sudah dilakukan semenjak nota keuangan disampaikan oleh pemerintah tahun lalu 2017 dan itu dibahas pemerintah bersama dewan," jelas Sri, di Istana Negara, Jakarta, Senin 4 Juni 2018.

Posko Kemenaker Catat 1.860 Laporan THR Masuk Jelang Idul Fitri

Maka, karena tidak serta merta diberi tahu, sehingga alokasi dana itu sebenarnya sudah ada pada APBN 2018. Sehingga dengan dianggarkan di APBN, pemerintah akan mengucurkan melalui dana alokasi umum dan bisa digunakan untuk pembayaran THR.

"Termasuk untuk daerah adalah dalam perhitungan Dana Alokasi Umum (DAU) yaitu transfer yang diberikan oleh pemerintah kepada daerah formulasinya itu sudah memasukan perhitungan THR dan gaji ke-13," jelas dia.

Dibayar Sri Mulyani H-10 Lebaran, Ini Komponen THR PNS pada 2021

Sebelumnya, publik diherankan dengan munculnya surat Kementerian Dalam Negeri, agar pemerintah daerah mengalokasikan anggaran THR untuk PNS. Karena itu, banyak yang mengaggap THR ternyata tidak diberikan oleh pemerintah melainkan dibebankan ke daerah.

"DAU memang adalah untuk sumber gaji meskipun daerah bisa menggunakannya juga untuk tujuan yang lain. Karena itu, keputusan Mendagri untuk memberikan juklak dan juknis nya itu sudah sangat jelas mengenai hal itu," kata Sri.

Sri menjelaskan, komponen dana yang dikucurkan lewat DAU itu sudah masuk semuanya termasuk tunjangan dan lainnya. 

"Karena kan masa kami kayak gitu ujug-ujug. Kalau jadi menkeu Anda tidak akan mengeluarkan secara tiba-tiba. Ini sudah masuk dalam APBN semua," katanya.

Sri juga menjawab kritikan dari Ketua MPR Zulkifli Hasan. Di mana Zul mengaku banyak kepala daerah yang bertanya anggaran THR itu diperoleh dari mana. Ketua Umum PAN itu juga khawatir menkeu blunder.

"Konsen ketua MPR ya saya berterima kasih. Namun kalau pakai bahasa seperti itu tidak perlu artinya yah. Artinya menkeu sudah melaksanakan UU APBN sesuai dengan yang selama ini kita diasumsikan dengan dewan dan sudah jadi aturan UU. Jadi kami lakukan secara hati-hati," jelasnya.

Halaman Selanjutnya
Halaman Selanjutnya