Kondisi Tol Fungsional untuk Mudik Ditegaskan Tak Darurat

Jalan Tol Fungsional Brebes hingga Batang Dioperasikan
Sumber :
  • ANTARA FOTO/Harviyan Perdana Putra

VIVA – Menteri Pekerjaan Umum dan Perumahan Rakyat, Basuki Hadimuldjono mengatakan, jalan tol dari Jakarta menuju Surabaya, hampir seluruhnya sudah beroperasi secara penuh pada musim Mudik tahun ini.

Siap-siap Tarif Tol Dalam Kota Resmi Naik Besok, Ini Rinciannya

Dari 760 kilometer Ruas Trans Jawa tersebut, sudah 525 kilometer sudah bisa digunakan secara penuh. 

"Yang 235 kilometer fungisonal, tetapi fungsionalnya bukan darurat. Jadi, juga kami batasi kecepatannya tidak lebih dari 40-60 km. Nanti, pak polisi yang mengatur," kata Basuki dalam gelar pasukan operasi ketupat 2018 di silang Monas, Jakarta Pusat, Rabu 6 Juni 2018.

Sri Mulyani Ungkap 'Kontraksi Dalam' Belanja Modal Januari 2022

Dalam mudik tahun ini, dia pun menyampaikan tiga hal yang harus menjadi perhatian pemudik. Yakni, kesiapan sarana dan prasarana, rekayasa lalu lintas, dan perilaku pemudik itu sendiri.

Untuk kesiapan sarana prasarana, pihaknya sudah melakukan pengecekan bersama Menteri Perhubungan Budi Karya Sumadi, Kakorlantas Irjen Pol Royke Lumowa, dan instansi lainnya.

Daftar 12 Ruas Jalan Tol Baru yang Diresmikan 2021

"Jadi, kalau keseluruhan jalan nasional kondisi seluruhnya sudah lebih dari 90 persen kondisi mantapnya. Mulai dari Jawa, Sumatera, Sulawesi," ucapnya.

Untuk Jalan Pantai Utara (Pantura) sepanjang 1.400 kilometer dan Pantai Selatan (Pansela) sepanjang 1.300 kilometer dalam kondisi cukup bagus.

"Bahkan, jembatan di Cincin Lama di Midang, telah bisa dilewati beberapa hari yang lalu. Kemudian, untuk yang tol, kami kemarin lewat Tegal sampai Semarang 150 km itu tiga jam dengan kecepatan tidak lebih dari 60 km per jam," katanya. (asp)

Halaman Selanjutnya
Halaman Selanjutnya