Menko Darmin: Lebaran Tahun Ini Suasana Ekonominya Baik

Menteri Koordinator Bidang Perekonomian, Darmin Nasution.
Sumber :
  • Agus Rahmat/VIVA.co.id

VIVA – Menteri Koordinator Bidang Perekonomian Darmin Nasution mengatakan, kondisi ekonomi dan arus mudik Lebaran tahun ini mengalami perbaikan jika dibandingkan tahun-tahun sebelumnya. Darmin mengacu kebijakan pemerintah yang mampu mengendalikan harga pangan.

Mendag Klaim Berhasil Stabilkan Harga Pangan Saat Ramadan dan Lebaran

Menurut dia, harga-harga pangan seperti beras, daging, maupun cabai serta kebutuhan pokok lain mampu dikendalikan oleh pemerintah. Meskipun di awal tahun, harga mengalami ketidakstabilan.

"Saya kira memang pemerintah cukup fokus untuk menjaga harga selama puasa dan Lebaran. Kita memang mengawali sebelum puasa harga beras kan turun naik, tapi kemudian bisa kita kendalikan meski belum normal sekali. Tapi sudah mengarah turun," kata Darmin di sela open house di kediamannya, Jakarta, Sabtu, 16 Juni 2018.

KAI Klaim 'Zero Accident' Selama Mudik Lebaran 2018

Darmin mengatakan, harga beras medium misalnya, yang hingga Lebaran kedua saat ini masih terkendali. Harga tersebut masih mendekati harga eceran tertinggi yang telah ditetapkan pemerintah sebesar Rp9.450, yakni di kisaran angka Rp10.000.

"Lebaran tahun ini alhamdulillah suasana ekonomi harga-harga cukup baik. Praktis tidak ada yang naik atau terjadi lonjakan. Jadi, tahun ini masyarakat saat Lebaran harganya tidak mengganggu lagi," ungkapnya.

Sepanjang Musim Mudik 2018, KAI Angkut 6,2 Juta Penumpang

Terkait arus mudik, Darmin juga menilai kondisinya sudah lebih baik dibanding kondisi tahun-tahun sebelumnya. Meski ada pemberitaan yang mengatakan mengalami kemacetan yang cukup parah, namun menurutnya kondisi tersebut tidak sampai seperti arus mudik 2016 lalu.

"Tapi kalau tidak macet, pemberitaannya tidak banyak, kalau macet pasti seru sekali pemberitaannya. Cuma kita tahu, mudik kali ini tidak membuat orang lelah dan kecelakaannya juga turun. Kecelakaan itu kan awalnya kelelahan," paparnya. (ase)

Para narapidana mendengarkan khotbah salat Idul Fitri di Lapas Kelas III Gunung Sidur, Bogor, Jawa Barat, Rabu, 5 Juni 2019.

Abu Bakar Baasyir dan Gayus Dapat Remisi, Buni Yani Tidak

Abu Bakar Baasyir mendapatkan remisi satu bulan 15 hari.

img_title
VIVA.co.id
5 Juni 2019