Jokowi Ingin Waktu Antre Pesawat di Bandara Soetta Dipangkas

Presiden Joko Widodo saat meninjau area proyek di Bandara Soekarno-Hatta
Sumber :
  • VIVA/Fajar GM

VIVA – Presiden Joko Widodo menginginkan waktu antre pesawat terbang saat hendak take off atau lepas landas di Bandara Internasional Soekarno-Hatta, Tangerang, Banten, bisa dipangkas secara signifikan.

INACA Tak Setuju Iuran Pariwisata Masuk Dalam Komponen Tiket Pesawat, Ini Alasannya

Mantan Gubernur DKI itu berharap, penambahan luas landasan berupa East Cross Taxi Way yang saat ini masih dikerjakan PT Angkasa Pura II (Persero) bisa mewujudkan hal itu.

"Karena yang kita lihat dan kita rasakan, setiap kali mau naik pesawat, mau take off itu harus ngantre 20 menit sampai 30 menit, ngantre," ujar Jokowi di lokasi, Kamis, 21 Juni 2018.

Masa RAFI 2024, Konsumsi Avtur Naik 10%

Selain itu, ada juga pembangunan parallel taxi way, serta runway (landasan) ketiga. Perluasan landasan ditargetkan tuntas pada Desember 2018, sementara landasan baru ditargetkan rampung pada Juni 2019.

"Pembebasan lahannya sudah 70 persen, konstruksi juga sudah dimulai prosesnya," ujar Jokowi.

Aktivitas Gunung Ruang Mereda, Operasional Bandara Sam Ratulangi Kembali Normal

Menurut Jokowi, peningkatan kapasitas infrastruktur perhubungan udara di Indonesia, terutama bandara internasional, adalah sesuatu yang wajib dilakukan. Pasalnya, pertumbuhan penumpang transportasi udara di Indonesia terus meningkat, hingga sembilan persen per tahun.

"Pertumbuhan yang sangat cepat sekali. Oleh sebab itu, kita terus membangun airport baru, terminal-terminal baru." (mus) 

Ilustrasi harga tiket pesawat pendorong inflasi.

DPR Tolak Iuran Pariwisata Dibebankan ke Industri Penerbangan, Tiket Pesawat Bisa Makin Mahal

Anggota Komisi VI DPR RI yang juga Wakil Ketua Umum Indonesia Congress and Convention Association (INCCA) Evita Nursanty menolak rencana pemungutan iuran dana pariwisata.

img_title
VIVA.co.id
26 April 2024