Alasan Yordania dan Arab Saudi Justru Bantu Israel Lawan Serangan Udara Iran

VIVA Militer: Pasukan Pertahanan Israel (IDF)
Sumber :
  • sputniknews.com

Jakarta – Sebagai respons terhadap tuduhan serangan Israel terhadap misi diplomatiknya di Damaskus, Iran meluncurkan lebih dari 300 drone dan rudal menuju Israel. Ketika armada rudal dan drone itu menuju Israel, negara-negara sekutu Israel, termasuk beberapa negara Muslim, turut campur tangan untuk memberikan bantuan.

DPR Tolak Iuran Pariwisata Dibebankan ke Industri Penerbangan, Tiket Pesawat Bisa Makin Mahal

Dalam menanggapi ancaman udara tersebut, Angkatan Udara Amerika Serikat dan Inggris terlibat dalam upaya menembak jatuh pesawat-pesawat tersebut. Ada kemungkinan bahwa Prancis juga turut serta dalam melakukan patroli di kawasan tersebut, walaupun belum jelas apakah Prancis ikut serta dalam menembak jatuh pesawat tersebut.

Yordania Tembaki Drone Iran

Hamas Melunak, Setujui Konflik dengan Israel Pakai Solusi Ini

Penampakan rudal Iran ke arah Israel di atas langit Yordania

Photo :
  • Tangkapan layar

Namun yang menarik perhatian adalah bahwa angkatan udara Yordania juga ikut serta dalam bantuan. Yordania mengizinkan pesawat Israel dan AS melewati wilayah udaranya, dan tampaknya telah menembak jatuh pesawat tanpa awak yang melanggar batas udaranya sendiri.

Korut Kirim Utusan ke Iran, Kira-kira Ini yang Dibahas

Masyarakat di sana mendengar kegiatan udara yang signifikan dan foto puing-puing pesawat tanpa awak yang jatuh di sekitar Amman, ibu kota Yordania, beredar luas di media sosial. Yordania, sebagai contoh, sangat kritis terhadap operasi militer Israel di Gaza, yang terus berlanjut hingga akhir pekan.

“Beberapa benda yang memasuki wilayah udara kami tadi malam dicegat karena merupakan ancaman bagi masyarakat dan wilayah berpenduduk kami. Beberapa pecahan [target yang jatuh] jatuh di wilayah negara tersebut tanpa menyebabkan kerusakan berarti,” kata pemerintah Yordania dalam sebuah pernyataan, dilansir DW.

Arab Saudi Tidak Terlibat Langsung

VIVA Militer : Pasukan Houthi meluncurkan rudal balistik ke Saudi Arabia

Photo :
  • twitter.com

Arab Saudi menjadi satu lagi negara yang harus mengatur keseimbangan antara kepentingan internal, keterlibatan internasional, dan realpolitik dalam menghadapi eskalasi konflik di Gaza. Pemerintah Saudi menyambut baik wacana gencatan senjata di wilayah tersebut sambil secara tegas mengkritik tindakan Israel di sana.

Meskipun secara resmi mengecam tindakan Israel, orang dalam mengakui bahwa secara personal, Saudi masih menyimpan minat untuk memperbaiki hubungan dengan Israel. Apakah mereka melakukan intervensi yang mendukung Israel atau tidak, Saudi memiliki motivasi tersendiri untuk menentang Iran.

“Negara-negara Teluk, termasuk Arab Saudi, mungkin juga memainkan peran tidak langsung, karena mereka menjadi tuan rumah bagi sistem pertahanan udara, pengawasan, dan pengisian bahan bakar Barat yang sangat penting dalam upaya tersebut,” tulis media Inggris The Economist.

Halaman Selanjutnya
Halaman Selanjutnya